8 Penyebab Haid Atau Menstruasi Datang Terlambat

Pesantenanpati.com – Terlambat haid atau menstruasi tidak selalu berhubungan dengan awal kehamilan. Sebab ada juga wanita yang telat datang bulan tapi tidak hamil.

Mengetahui penyebab terlambat haid atau menstruasi itu penting, apalagi jika kamu masih dalam masa subur atau belum mencapai perimenopause.

Pada masa perimenopause dan menopause, haid terlambat sering terjadi karena kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh wanita menurun seiring bertambahnya usia. Penyebab terlambat haid lainnya dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut.

  1. Obesitas

Obesitas dapat menyebabkan kelebihan produksi hormon estrogen. Kondisi ini mempengaruhi siklus haid sehingga tertunda atau tidak terjadi sama sekali. Kamu harus segera menemui dokter untuk menentukan kondisi pasti obesitas agar mendapatkan bantuan nutrisi untuk mengatasinya.

  1. Berat badan kurang

Berat badan yang kurang dapat terjadi karena kebiasaan makan yang salah. Gangguan makan yang dimaksud seperti anoreksia nervosa atau bulimia. Jika kamu kurus, lemak  tubuhmu berkurang dan ini dapat mencegah kamu berovulasi sehingga menyebabkan menstruasi datang terlambat.

  1. Stres berlebihan

Stres berlebihan secara serius dapat mempengaruhi fungsi hipotalamus, bagian otak yang bertanggung jawab mengatur hormon menstruasi. Hormon otak yang tidak stabil dapat mengganggu kerja hormon lain dalam tubuh, emosi tidak stabil, berat badan turun, siklus haid yang berantakan.

  1. Akibat penggunaan pil KB

Terlambat datang bulan dapat disebabkan oleh efek pil KB. Pil KB mengandung estrogen dan progestin, yang mencegah ovarium melepaskan sel telur. Setelah menghentikan pil KB, diperlukan waktu hingga 3 bulan agar siklus menstruasi kembali normal. Jenis kontrasepsi implan atau suntik lainnya juga dapat menyebabkan terlambat haid.

  1. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah gangguan hormonal yang banyak dialami oleh wanita  usia subur. PCOS terjadi ketika indung telur atau sel telur  wanita tidak berkembang secara normal karena ketidakseimbangan hormon. Pada sekitar 60-85% penderita PCOS, keterlambatan menstruasi karena adanya kegagalan pelepasan sel telur. Pada beberapa kasus, pasien PCOS bahkan berhenti haid.

  1. Penyakit kronis

Penyakit kronis seperti diabetes, penyakit celiac, sindrom cushing, hiperplasia adrenal kongenital hingga sindrom asherman dapat membuat siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Penyakit ini meningkatkan perubahan gula darah, ketidakseimbangan hormon dan peradangan pada organ tubuh, sehingga tidak  menyerap nutrisi secara efektif.

  1. Disfungsi kelenjar tiroid

Berlebihan atau kurang berfungsinya kelenjar tiroid merupakan salah satu penyebab terlambatnya haid, bahkan berakhirnya haid. Kelenjar tiroid  mengatur metabolisme tubuh. Jika Anda memiliki masalah, itu juga dapat memengaruhi semua kadar hormon Anda.

  1. Hiperprolaktinemia

Menstruasi terlambat akibat hiperprolaktinemia berisiko meningkatkan jumlah prolaktin,  hormon yang menghasilkan ASI. Kondisi ini dapat terjadi meski wanita tersebut tidak sedang  hamil dan tidak sedang menyusui. Kadar prolaktin yang berlebihan dapat karena tumor atau obat perangsang hormon. Jika terlalu banyak prolaktin, ovulasi  berhenti dan menstruasi tidak  terjadi.

BACA JUGA :   Cara Buat Twitter Wrapped 2022!

Itulah beberapa penyakit yang dapat menyebabkan telat datang bulan. Jadi hika kamu merasa sudah telat datang bulan, maka segera periksakan ke dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *