5 Bahaya Diet Pakai Teh Jati Cina Bagi Kesehatan

Pesantenanpati.com Dalam upaya untuk mencapai tubuh ideal, banyak orang mencari cara cepat dan mudah, termasuk menggunakan teh jati cina sebagai bagian dari upaya penurunan berat badan.

Namun, sebelum memutuskan untuk melakukan diet ini, ada beberapa bahaya kesehatan yang perlu dipertimbangkan dengan serius.

Berikut ini, bahaya diet menggunakan tah jati cina yang harus kamu ketahui:

  1. Jantung Berdebar dan Gelisah

Teh jati cina mengandung kafein dalam jumlah yang bervariasi tergantung pada jenisnya. Kafein adalah stimulan yang dapat menyebabkan efek samping seperti jantung berdebar, gangguan tidur, kegelisahan, dan meningkatkan tekanan darah.

Konsumsi kafein yang berlebihan juga dapat mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

  1. Gangguan Pencernaan

Penggunaan berlebihan teh jati cina dapat mengganggu sistem pencernaan. Beberapa orang melaporkan mengalami masalah seperti mulas, perut kembung, diare, atau bahkan gangguan pada organ pencernaan seperti lambung dan usus.

  1. Gangguan Penyerapan Nutrisi

Teh jati cina dapat mempengaruhi penyerapan zat besi dalam tubuh. Konsumsi berlebihan dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi dari makanan, yang penting untuk kesehatan umum dan kekebalan tubuh.

  1. Potensi Kerusakan Hati
BACA JUGA :   Berbagai Manfaat Olahraga Renang yang Bagus untuk Kesehatan

Beberapa studi menunjukkan bahwa penggunaan teh jati cina dalam jumlah besar dapat menyebabkan kerusakan hati.

Terutama terkait dengan penggunaan yang berlebihan atau jika konsumsi teh ini dikombinasikan dengan obat-obatan tertentu.

  1. Kurangnya Bukti Ilmiah yang Kuat

Meskipun teh jati cina telah lama digunakan dalam tradisi pengobatan Tiongkok, bukti ilmiah yang mendukung klaim bahwa itu efektif dalam menurunkan berat badan masih terbatas dan sering kali didasarkan pada studi pendahuluan dengan jumlah sampel kecil. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *