Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri: Hati-Hati, Bisa Jadi Penyakit Jantung

Pesantenanpati.com – Pernahkah kamu merasa ada bagian tubuh yang sakit? Misalnya pada perut bagian kiri? Apa yang menyebabkan nyeri pada perut bagian kiri? Sakit perut di bagian pojok kiri atas memang sering mengganggu. Ada banyak penyebab dari kondisi ringan hingga yang mengancam jiwa.

Tak bisa dipungkiri bahwa ada banyak organ yang berperan penting terletak di perut bagian kiri atas. Beberapa organ ini termasuk limpa, ginjal, pankreas, usus besar, dan paru-paru. Jika kamu merasakan sakit di perut bagian kiri, kamu perlu waspada. Berikut ini adalah penyebab sakit perut sebelah kiri atas:

  1. Sembelit

Sembelit terjadi ketika buang air besar kurang dari tiga kali seminggu. Sembelit adalah penyebab paling umum dari rasa sakit di perut kiri atas.

  1. Maag

Maag adalah penyakit umum yang dapat menyebabkan nyeri ringan dari perut ke dada. Penyakit ini biasanya menimbulkan rasa nyeri yang bisa terasa begitu menusuk di bagian perut.

  1. GERD

GERD (refluks gastroesofagus) adalah penyakit kronis yang mempengaruhi saluran pencernaan. Refluks asam lambung yang terjadi lebih dari dua kali seminggu mungkin merupakan tanda GERD.

  1. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Irritable Bowel Syndrome adalah penyakit kronis yang terjadi di usus. Gejala bervariasi dalam tingkat keparahan dan durasi. Perbanyak serat, tidur cukup, olahraga teratur, kurangi stres dan lakukan teknik relaksasi seperti meditasi sangat dianjurkan untuk mengatasi IBS.

  1. Radang usus

Penyakit radang usus mencakup semua gangguan yang menyebabkan radang saluran pencernaan. Hal yang paling umum adalah kolitis ulserativa dan penyakit Crohn.

  1. Batu ginjal

Batu ginjal terbentuk ketika limbah menumpuk di ginjal. Hal ini karena tubuh tidak mendapatkan cukup air. Gejala yang paling umum dari batu ginjal adalah sakit perut dan punggung yang tajam, buang air kecil yang menyakitkan, muntah, mual dan darah dalam urin.

  1. Pankreatitis

Pankreatitis terjadi ketika pankreas meradang. Pankreatitis akut biasanya menimbulkan gejala nyeri perut menjalar ke punggung, nyeri perut setelah makan, demam, mual dan muntah, serta detak jantung yang cepat.

  1. Pembesaran limpa

Infeksi adalah salah satu penyebab paling umum dari pembesaran limpa. Masalah hati seperti sirosis dan fibrosis kistik juga dapat menyebabkan pembesaran limpa.

  1. Serangan jantung

Gejala serangan jantung yang paling umum adalah sesak napas, nyeri di dada bagian kiri, perasaan nyeri dan tertekan. Kondisi ini juga biasanya menyebar ke bagian dagu, punggung, dan leher.

  1. Angina

Angina adalah kondisi yang berhubungan dengan jantung yang dapat menyebabkan nyeri di perut kiri atas. Angina terjadi ketika darah yang mengalir ke jantung tidak membawa cukup  oksigen. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri pada dada, rahang, punggung, bahu, dan lengan.

BACA JUGA :   3 Cara Mengecilkan Perut yang Membuncit Akibat Banyak Makan 

Lalu, bagaimana dengan penyebab sakit perut kiri bawah? Di bawah ini adalah penyebab sakit perut sebelah kiri bagian bawah :

  • Divertikulitis

Divertikulitis adalah salah satu penyebab paling umum dari nyeri perut kiri bawah. Kondisi ini biasanya menyebabkan nyeri terus-menerus. Selain itu, penyakit divertikulitis adalah peradangan atau infeksi pada satu atau lebih kantong kecil di saluran pencernaan. Tidak hanya nyeri di perut sebelah kiri, namun juga ada beberapa gejala lainnya seperti demam, mual, dan muntah. Meski kurang umum, konstipasi dan diare juga bisa menjadi tanda divertikulitis.

  • Banyak gas

Gas dapat ditemukan di seluruh saluran pencernaan. Gas adalah hasil normal dari sistem pencernaan. Selain itu gas dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain masuk angin, makan berlebihan, merokok, mengunyah permen karet, mengonsumsi makanan yang menimbulkan gas, dan gangguan bakteri pada usus besar.

Kondisi ini biasanya tidak serius. Namun, hubungi dokter jika kamu terus-menerus merasa kembung dan gejala lain seperti muntah, diare, sembelit, penurunan berat badan mendadak, mulas, dan darah di tinja. Itulah beberapa penyebab perut bagian kiri terasa sakit. Segera obati dan jangan pernah sepelekan.

BACA JUGA :   Musim Kemarau, Lakukan Hal Ini Agar Kulit Tetap Lembab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *