8 Makanan Penyebab Radang Amandel yang Harus Kamu Waspadai

Pesantenanpati.com – Perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan radang pada amandel. Amandel sebenarnya bukan nama penyakitnya. Namun, sebagian besar masyarakat Indonesia mengaitkan penyakit amandel dengan nama penyakitnya. Amandel adalah kelenjar kecil yang terletak di mulut, tepatnya di belakang sisi kiri dan kanan tenggorokan.

Kelenjar tersebut berfungsi sebagai sistem pertahanan tubuh, membunuh bakteri atau virus yang melewati mulut atau tenggorokan. Penyakit yang menyerang amandel disebut tonsilitis, radang tonsil atau biasa disebut radang amandel. Tonsilitis dapat menyerang anak-anak dan orang dewasa. Beberapa infeksi virus dan bakteri dapat menyebabkan penyakit ini. Tidak hanya itu, tonsilitis juga dapat terjadi karena makanan tertentu yang memicunya. Berikut adalah beberapa makanan yang harus kamu waspadai agar terhindar dari radang amandel :

  1. Makanan pedas

Makanan pedas memang menjadi favorit banyak orang. Sayangnya, mengonsumsi makanan pedas dapat meningkatkan produksi lendir yang memicu tonsilitis. Pada awalnya, peradangan  menyebabkan pasien batuk.  Jika tidak segera ditangani dengan benar makadapat memperburuk dan menyebabkan tonsilitis.

  1. Produk olahan susu

Produk olahan susu mengandung kasein yang dapat memperburuk penumpukan lendir dan memicu amandel. Mengkonsumsi kandungan kasein juga dapat meningkatkan jumlah sel kulit mati dan bakteri penyebab benjolan di tenggorokan.

  1. Gula, kafein, dan alkohol

Orang dengan tonsilitis harus menghindari makanan yang kaya gula, kafein, dan alkohol. Konsumsi alkohol atau minuman bersoda yang berlebihan dapat mengurangi produksi air liur sehingga membuat mulut dan tenggorokan mudah kering. Kondisi ini  dapat meningkatkan jumlah bakteri penyebab tonsilitis.

  1. Makanan berlemak

Makanan penyebab amandel berikutnya adalah makanan berminyak. Makanan yang di goreng dengan minyak terlihat menarik, sehingga menjadi favorit banyak orang. Namun, batasi konsumsi makanan tersebut jika tidak ingin terserang amandel. Hal ini karena makanan berminyak dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan masalah amandel.

  1. Makanan atau minuman panas

Makanan atau minuman yang terlalu panas juga harus kamu hindari. Tunggu sampai lebih hangat  sebelum mengonsumsinya. Hal tersebut karena efeknya bisa berbahaya jika terjadi tonsilitis.

  1. Kuning telur

Makanan ini memang sulit kamu hindari. Namun perlu kamu waspadai, karena konsumsi kuning telur yang berlebihan dapat meningkatkan produksi lendir yang memicu amandel.

  1. Buah citrus

Selama ini, buah-buahan memang dianggap baik dan sehat. Namun ada beberapa buah yang sebaiknya tidak kamu konsumsi secara berlebihan agar tidak memicu radang amandel. Buah yang dimaksud adalah buah-buah citrus seperti jeruk nipis, anggur, tomat dan lemon karena dapat mengiritasi tenggorokan. Coba ganti dengan buah lain yang bisa melegakan tenggorokan, seperti  pisang, melon, dan kiwi.

  1. Kacang-kacangan atau biji-bijian

Makanan penyebab tonsilitis adalah kacang-kacangan atau biji-bijian, seperti biji wijen atau popcorn. Makanan ini memiliki potensi tersangkut di tenggorokan dan menyebabkan endapan  amandel. Jika makanan ini tidak hilanh maka akan menyebabkan iritasi dan batu di tenggorokan.

BACA JUGA :   Tanda Perilaku Psikopat yang Harus Kamu Waspadai!

Nah itulah beberapa makanan yang perlu kamu waspadai dan hindari apabila kamu memiliki riwayat penyakit amandel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *