Hati-hati, Kenali Penyebab Rahang Berbunyi Ketika Makan Atau Membuka Mulut

Pesantenanpati.com – Beberapa orang mungkin pernah mengalami kondisi di mana terdengar bunyi dari rahang ketika membuka mulut. Suara yang muncul tersebut biasanya dengan sensasi yang menyakitkan.

Lalu apa sebenarnya penyebab rahang mengeluarkan suara ketika membuka mulut? Biasanya bunyi tersebut akan muncul ketika kamu membuka mulut terlalu lebar. Ada beberapa kondisi medis  yang dapat menyebabkan hal ini. Misalnya disfungsi sendi temporomandibular atau sendi yang menghubungkan dari tulang rahang ke sisi tengkorak.

Disfungsi sendi ini disebut gangguan temporomandibular (TMD) atau penyakit sendi temporomandibular (TMJD). TMD diduga disebabkan oleh masalah pada otot rahang atau  temporomandibular joint (TMJ).

Menurut beberapa penelitian, gangguan temporomandibular (TMD) mempengaruhi lebih dari 10 juta orang dan wanita lebih sering mengalaminya daripada pria.

Namun bunyi atau suara yang keluar dari tulang rahang tersebut dapat terjadi bukan hanya karena masalah sendi bagian atas, tetapi juga  karena beberapa penyakit lainnya. Berikut beberapa penyebab rahang berbunyi :

  1. Radang Sendi

Radang sendi atau arthritis adalah penyakit yang umum menyerang persendian. Dua bentuk arthritis yang paling umum adalah rheumatoid arthritis dan osteoarthritis. Keduanya dapat merusak kartilago pada otot rahang atau  temporomandibular joint (TMJ). Penghancuran kartilago TMJ dapat membuat rahang sulit bergerak dan menyebabkan bunyi klik dan sensasi sakit pada sendi.

  1. Kerusakan pada rahang

Dislokasi rahang terjadi apabila rahang tidak dapat ditekuk. Kondisi ini dapat menyebabkan rahang cedera atau mengalami kerusakan. Cedera rahang biasanya terjadi akibat kecelakaan lalu lintas, cedera olahraga, tersandung atau jatuh dan kekerasan fisik lainnya.

  1. Myofascial pain syndrome

Myofascial pain syndrome atau MPS menyebabkan nyeri pada otot dan fasia. Fascia merupakan selembar jaringan ikat yang menutupi setiap otot. MPS dapat memengaruhi semua otot, termasuk otot  rahang, leher, dan bahu.

  1. Sleep apnea

Sleep apnea merupakan salah satu gangguan tidur yang paling umum. Sleep apnea dapat menyebabkan suara pada rahang. Beberapa gejala sleep apnea termasuk kantuk di siang hari, sakit kepala, dan gangguan mood.

  1. Maloklusi gigi

Maloklusi gigi sering terjadi apabila rahang atas dan rahang bawah tidak sejajar. Kondisi ini menyebabkan rahang berbunyi saat membuka mulut.

  1. Infeksi

Dalam beberapa kasus, bunyi pada rahang terjadi karena radang kelenjar mulut. Tanda dan gejala lain dari infeksi mulut termasuk mulut kering, rasa tidak enak di mulut, nyeri wajah dan peradangan. Infeksi mulut mungkin memerlukan antibiotik atau perawatan lain.

  1. Tumor

Tumor dapat terjadi di hampir semua area mulut. Bergantung pada lokasinya, tumor dapat memengaruhi pergerakan rahang, dan dapat menyebabkan rahang berbunyi atau mengeluarkan suara.

BACA JUGA :   Penyebab Penyakit Vertigo dan Cara Ampuh untuk Mengatasinya

Demikian beberapa penyebab rahang berbunyi saat makan atau membuka mulut yang perlu kamu ketahui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *