5 Mitos Terpopuler di Sragen Jawa Tengah

Pesantenanpati.comSragen terkenal sebagai medan pertempuran Pangeran Mangkubumi yang kemudian menjadi Sri Sultan Hamengku Buwono. Dia melawan Belanda untuk kedua kalinya. Selain itu, daerah ini juga dikenal dengan fosil manusia dan hewan purba.

Namun, seperti daerah lain di Indonesia, tempat ini sarat dengan mitos dan kepercayaan tentang kekuatan makhluk halus. Inilah beberapa mitos paling populer di Sragen Jawa Tengah:

  1. Ritual seks di gunung Kemukus

Sragen sempat viral dengan sebuah kasus yaitu hubungan seks dengan pasangan di luar nikah akan memiliki kekayaan yang berlimpah. Mitos ini berawal dari kisah Pangeran Samudra yang jatuh cinta dengan ibunya RA Ontrowulan.

Mengetahui hal ini, ayah Pangeran Samudra memutuskan untuk mengeluarkan putranya dari kerajaan. Perjalanan Pangeran Samudra berakhir setelah kematiannya dan beliau dimakamkan di daerah tersebut. Bagi sebagian orang, cerita ini dianggap sebagai mitos yang disalahgunakan untuk membenarkan adanya ritual seksual di Gunung Kemukus.

  1. Batu keramat di pasar kota Sragen

Mbah Watu atau Eyang Watu adalah nama dua batu keramat yang ada di pasar kota Sragen. Sebuah batu di salah satu kios pasar ini dipercaya dapat melindungi para pedagang dari kesialan yang mungkin menimpa mereka.

BACA JUGA :   Mitos Atau Fakta? Inilah Lima Kegiatan Sepele yang Dianggap Mampu Mengundang Hantu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *