8 Misteri Menyeramkan Gunung Wilis, Ada Sosok Putri Kerajaan?

Pesantenanpati.com – Fakta yang cukup mengerikan adalah bahwa penduduk setempat pernah menganggap Gunung Wilis sebagai tempat yang penuh misteri. Konon, hanya mereka yang memiliki kemampuan indra keenam yang bisa melihat makhluk aneh yang dikatakan menjaga gunung tersebut. Terletak di Jawa Timur, Indonesia, Gunung Wilis merupakan gunung berapi yang dikenal luas.

Pegunungan Wilis memiliki puncak bernama Trogati, menjulang setinggi 2.563 meter di atas permukaan laut. Wilayah ini merentang melalui enam kabupaten dan satu kota, yaitu Kota Kediri, Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, dan Kabupaten Trenggalek.

Dari sisi selatan Gunung Wilis, pendakian dapat dimulai dari Kecamatan Sendang, Kabupaten Tulungagung. Bagi mereka yang ingin mencapai Puncak Limas Gunung Wilis dari arah utara, jalur pendakian bisa dimulai dari Bajulan Roro Kuning dan Jontani di Kabupaten Nganjuk. Sedangkan untuk mencapai Puncak Liman, titik tertinggi Gunung Wilis dengan ketinggian 2563 mdpl, jalur dapat diambil melalui Pudak Wetan di Kabupaten Ponorogo, melewati air terjun Sedudo, Ngliman Sawahan Nganjuk, dan melalui Seweru dan Kare di Kabupaten Madiun.

Gunung Wilis memiliki daya tarik wisata yang terutama di dominasi oleh air terjun, namun potensinya belum sepenuhnya di manfaatkan hingga saat ini. Beberapa tempat pariwisata yang sedang di kembangkan dan mulai dikenal oleh masyarakat meliputi Air Terjun Ironggolo, serta Air Terjun Dholo yang terletak di Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri.

BACA JUGA :   Menelusuri Jejak Peninggalan Kerajaan Singasari

Di kawasan lereng Gunung Wilis juga terdapat bangunan peninggalan dari era kolonial Belanda dan Jepang, seperti loji Belanda, bunker, saluran perang (lookrab), goa Jepang, dan jalur pedotan Jepang yang membentang dari Madiun hingga Kediri. Meskipun memiliki pesona tersendiri, di balik keindahan tersebut terdapat misteri menyeramkan yang bahkan masih di yakini oleh warga setempat. Berikut penjelasannya:

1. Ular Penjaga Gunung Wilis

Berdasarkan legenda yang beredar, terdapat sebuah cerita misteri tentang keberadaan ular raksasa yang berkeliling di sekitar Gunung Wilis. Yang unik, ular ini tidak dapat di lihat oleh siapa saja atau dengan penglihatan biasa. Ular tersebut sering terlihat menjelajahi lereng hingga puncak gunung. Ular yang tak terlihat ini di percayai berperan sebagai penjaga Gunung Wilis.

2. Goa Tak Kasat Mata

Sungguh mengherankan saat mendengar kisah ini, karena menurut cerita yang beredar di kalangan masyarakat, ada sebuah gua gaib yang mampu membuat bulu kuduk merinding. Konon, gua dengan nuansa mistis ini tersembunyi di antara dua air terjun. Namun, di dalam gua tersebut, terdapat individu yang tengah melakukan tapa atau meditasi. Orang ini memiliki penampilan seperti seorang laki-laki yang menyerupai munyuk atau monyet, dengan wajah berwarna gelap. Seperti ular di Gunung Wilis sebelumnya, gua gaib dan sosok di dalamnya hanya dapat di lihat oleh individu tertentu dan tidak bisa terlihat oleh mata biasa.

BACA JUGA :   Misteri Gunung Salak di Bogor yang Penuh dengan Kisah Mencekam

3. Jenderal Sudirman

Ketika terlibat dalam perlawanan melawan penjajah di Yogyakarta, ternyata Jenderal Sudirman menggunakan jalur melintasi Gunung Wilis pada tanggal 11 Maret. Rutenya mengambil jalan pendakian melalui Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri.

4. Kisah Ki Ageng Ngaliman

Ki Ageng Ngaliman, pada zaman pemerintahan kolonial Belanda, merupakan pendiri asrama spiritual di wilayah puncak Gunung Wilis. Asrama ini di bangun olehnya di lingkungan yang sekarang di kenal sebagai padepokan sadepok. Di dalam padepokan ini, Ki Ageng Ngaliman memberikan pelatihan kepada para muridnya yang meliputi aspek mental, fisik, dan juga dimensi spiritual. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan mereka dalam menghadapi campur tangan penjajah yang mempengaruhi urusan Kerajaan Surakarta.

5. Sosok Putri Misterius

Di Gunung Wilis ada misteri tentang sosok putri yang konon berasal dari Kerajaan Mataram. Banyak penduduk setempat yang telah bersaksi melihatnya, di mana sosok putri misterius ini mengenakan pakaian yang mengingatkan pada gaya pakaian Kerajaan Mataram. Ketika ia muncul, sang putri ini mengenakan jarik dengan corak berwarna coklat muda dan terdapat motif kain klitik berwarna kuning gading. Di sebut-sebut bahwa jenis pakaian semacam itu hanya di kenakan oleh kaum bangsawan atau putri dari lingkungan Kerajaan Mataram.

BACA JUGA :   Sejarah Hari Pendidikan Nasional yang Kental dengan Sosok Ki Hajar Dewantara

6. PKI

Ketika anggota-anggota PKI mulai terjepit, banyak di antaranya yang melarikan diri ke Gunung Wilis. Karena peluang untuk melarikan diri semakin berkurang, beberapa anggota PKI kemudian melakukan penyiksaan dan penguburan terhadap para sandera mereka di wilayah Gunung Wilis.

Di kisahkan bahwa roh-roh para korban kekejaman PKI sering kali muncul dan menciptakan suasana yang mistis. Apabila berperilaku tidak sopan di gunung tersebut, seseorang akan mendapatkan peringatan dari arwah-arwah yang tinggal di sana. Apabila seseorang mengunjungi Gunung Wilis, mereka dapat melihat tanda-tanda dan papan penunjuk lokasi pemakaman para korban PKI.

7. Naga Raksasa

Saat melakukan pendakian di Gunung Wilis, para pendaki berkesempatan untuk melihat danau yang terletak di lerengnya. Di dalam danau ini terdapat monumen yang di sebut Tugu Baru Klinting, berbentuk sebuah naga raksasa. Makhluk misterius ini konon di yakini berasal dari Telaga Ngebel. Di ceritakan bahwa sosok raksasa ini memiliki kemampuan untuk menciptakan gelombang besar yang berpotensi menenggelamkan perahu-perahu nelayan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *