Kisah Mistis dan Seram Waduk yang Ada di Solo Raya

Pesantenanpati.comSolo merupakan salah satu daerah yang ada di Jawa Tengah. Solo Raya ini sebelumnya adalah bekas karesidenan Surakarta. Wilayah tersebut meliputi Kota Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen dan Klaten. Daerah-daerah itu sering disebut juga sebagai eks-karesidenan Surakarta.

Di Solo Raya memiliki banyak waduk yang terekenal. Waduk-waduk tersebut antara lain Waduk Kedung Ombo, Waduk Gajah Mungkur, Waduk Cengklik, Waduk Lalung, dan Embung Pengantin. Di antara lima waduk tersebut, konon ada satu yang mitosnya menceritakan tentang keberadaan kerajaan magis yang mistis. Bahkan, sering dikatakan bahwa penghuni wilayah magis membutuhkan tumbal.

Selain itu, kabarnya pula ada sosok peri cantik yang sering berinteraksi dengan pengunjung waduk. Tertarik dengan cerita lengkapnya? Berikut sederet cerita misterius yang terjadi di lima waduk yang berada di Solo Raya.

  1. Waduk Cengklik

Waduk Cengklik di Boyolali ini menyimpan banyak cerita misterius. Salah satunya adalah peri sosok peri cantik yang sering berinteraksi dengan pengunjung waduk. Konon kabarnya peri tersebut berwujud wanita dan berbau harum. Namun, terkadang ada juga peri yang menyeramkan seperti wajah datar, wajah hancur dan binatang buas.

BACA JUGA :   Alas Roban, Hutan Asri yang Penuh dengan Misteri

Selain cerita misteri yang luar biasa, ada juga mitos tentang tumbal yang diminta oleh penghuni Waduk Cengklik. Ceritanya terus tersebar luas di masyarakat. Para penunggu Waduk Cengklik selalu meminta tumbal dari nyawa pengunjung setiap tahun. Hal tersebut berkaitan dengan adanya kasus orang tenggelam, pembunuhan, nelayan yang tenggelam, penemuan mayat dan masih banyak lagi.

  1. Embung Pengantin

Meski sudah ditata sebagai spot foto yang menarik, Embung Pengantin di Wirun, Mojolaban, Sukoharjo, Jawa Tengah ini menyimpan kisah legendaris yang misterius. Di balik keindahan Embung Pengantin, terdapat kisah misterius yang mulai muncul pada tahun 1982. Berawal dari sepasang pengantin baru yang tenggelam di kolam ini. Konon kabarnya hingga saat ini arwah kedua mempelai sering berkeliaran di sekitar Embung Pengantin. Selain arwah kedua mempelai, sosok genderuwo, kuntilanak hingga ular berkepala manusia yang bergentayangan di Embung Pengantin.

  1. Waduk Lalung

Kisah misteri berikut terjadi di Waduk Lalung yang terletak di Karanganyar, Solo Raya, Jawa Tengah. Kisah misteri fenomenal yang berlatar di waduk itu adalah kisah cinta antara seorang bernama Suprapto dengan jin Waduk Lalung bernama Sri.  Awalnya, Sri dan Suprapto bertemu di pasar malam dekat waduk. Suprapto memang sengaja pergi ke pasar malam untuk menonton pertandingan dan berwisata kuliner. Bak pengunjung pasar malam, Suprapto berkeliling dan melihat-lihat berbagai permainan dan jajanan kuliner yang ditawarkan.

BACA JUGA :   Cerita Horor Gunung Salak yang Masih Menjadi Misteri

Beberapa saat kemudian, pemuda lugu itu bertemu dengan Sri. Kecantikan wajah Sri dan kelembutan tutur katanya membuat Suprapta langsung jatuh cinta. Hubungan mereka tampak serius hingga Sri hamil tiga bulan. Beberapa kali Suprapto mendampingi Sri untuk memeriksakan kehamilannya. Mengetahui Sri hamil, Suprapto memutuskan ingin menikah dengan pujaan hatinya. Namun harapan Suprapto kandas di tengah jalan. Beberapa kerabatnya tidak menemukan alamat Sri di Kampung Kepuh, Lalung.

  1. Waduk Gajah Mungkur

Di balik keindahan alamnya, terungkap kisah misterius tentang seorang sopir yang melewati  Waduk Gajah Mungkur pada malam hari di Wonogiri. Konon kabarnya, ia pernah melihat pocong tiba-tiba melompat ke belakang mobil. Hal ini tentu saja mengejutkan sopir dan penumpang kendaraan tersebut.

Waduk Gajah Mungkur semakin membuat merinding apabila memasuki musim kemarau dimulai. Setiap musim kemarau, terlihat jelas ada ratusan nisan berwarna putih berserakan di sekitar tepian waduk. Nisan-nisan tersebut terletak di sebuah bukit yang dikelilingi oleh persawahan. Kamu juga dapat melihat lubang persegi panjang di tanah tempat batu nisan itu berada.

  1. Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo yang terletak di tiga wilayah administratif Jawa Tengah yakni Sragen, Boyolali dan Grobogan memiliki cerita misterius dan melegenda. Konon, banyak roh yang sering berkeliaran di waduk ini. Kabarnya di waduk ini ada sebuah kerajaan gaib yang dipimpin oleh seorang ratu. Bahkan ratu tersebut kabarnya terkenal menjaga adab dan sopan santun.

BACA JUGA :   9 Teori Misterius Pembantaian G30S, Benarkah PKI Dalangnya?

Namun, ternyata ada sosok lain yang disebut sering meminta tumbal di Waduk Kedung Ombo. Masyarakat menyebut sosok itu sebagai buto. Buto memiliki wajah merah dan mengenakan pakaian kerajaan. Menurut cerita, buto ini sering mencari korban dengan menyeret korban ke dasar waduk.

Bagaimana menurutmu dengan cerita-cerita mistis di waduk tersebut? Apabila kamu tertarik dengan cerita mistis lainnya, maka kunjungilah kanal YouTube Pojoke Pati dengan klik link di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *