Jangan Mandi Sebelum Tidur, Ini 4 Alasannya!

Pesantenanpati.com – Rasanya sangat menyenangkan apabila mandi sebelum tidur. Namun dari segi medis, mandi sebelum tidur bukanlah cara terbaik untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Faktanya, kebiasaan yang tampaknya sehat ini bisa menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan. Berikut beberapa fakta yang menunjukkan bahwa mandi sebelum tidur mungkin tidak baik untuk tubuh.

  1. Kamu tidak bisa tidur dengan mudah

Mandi atau berendam air panas tepat sebelum kepala menyentuh bantal mungkin terasa menyenangkan, tetapi sebenarnya bisa mengganggu tidur kamu. Kamu dapat  beristirahat dengan lebih baik saat suhu tubuh sedikit lebih rendah.

Saat tubuh mulai bersiap untuk tidur malam yang nyenyak, suhu tubuh juga sedikit turun. Mandi air panas meningkatkan suhu inti dan membingungkan tubuh.

Jika kamu merasa tidak bisa tertidur pulas tanpa mandi, pilihlah mandi air hangat satu atau dua jam sebelum tidur.

  1. Bisa membuat jantung berdetak kencang

Jika kamu pernah merasakan jantung berdetak lebih kencang setelah mandi air panas,  ada penjelasan ilmiahnya. Air panas bisa meningkatkan tekanan darah, dan para ahli medis memperingatkan bahwa air panas bahkan dapat membuat tubuh menjadi terlalu panas dan membuat jantung tegang. Saat jantung berdetak, kamu cenderung tidur dengan gelisah, yang pada akhirnya dapat menimbulkan masalah kesehatan baru.

  1. Menambah berat badan

Makan malam yang lezat dan mandi air panas mungkin tampak seperti cara sempurna untuk mengakhiri hari dan sebelum  tertidur pulas. Namun kenyataannya, mandi setelah makan bisa membingungkan sistem pencernaan dan menyebabkan kenaikan berat badan.

BACA JUGA :   3 Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari Penderita Asma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *