Daftar Dewa dan Dewi Mitologi Yunani yang Masih Menjadi Legenda

Pesantenanpati.comMitologi tentang dewa dan dewi Yunani merupakan salah satu sastra yang selalu menarik untuk dibahas. Dewa dan dewi tersebut sebenarnya adalah dewa generasi ketiga setelah zaman Protogenoi dan Titan.

Dewa dewi tersebut terdiri dari 12 dewa, enam di antaranya berasal dari keturuna awal dan enam lainnya adalah keturunan Zeus. Masing-masing memiliki kekuatan dan keunggulan tersendiri. Nah berikut ini adalah daftar 12 dewa dan dewi mitologi yang masih menjadi legenda kuno di kalangan masyarakat hingga saat ini.

  1. Zeus

Berdasarkan mitologi Yunani klasik, Zeus adalah penguasa Olimpus yang juga raja dan pemimpin para dewa. Setara dengan Zeus dalam mitologi Romawi adalah dewa Jupiter. Meskipun Zeus memiliki banyak konflik dalam mitologi, dia adalah dewa yang abadi dan tidak dapat disamakan dengan makhluk fana.

Zeus adalah anak bungsu dari Titan Cronos dan Titaness Rhea. Kemudian ia dibesarkan oleh Mother Earth atau Gaia. Setelah dewasa, dia menggulingkan ayahnya untuk menguasai dunia. Tak hanya itu, Zeus ini memiliki kekuatan untuk menguasai langit dan bumi, ia juga terkenal sebagai dewa iklim, dewa cuaca, dan dewa takdir.

  1. Poseidon

Dalam mitologi Romawi, Poseidon ini terkenal sebagai Neptunus. Dia adalah penguasa laut dan tinggal di bawah laut bersama istrinya yang bernama Aigeia. Dirinya juga terkenal sebagai dewa gempa bumi dan pembawa badai. Hal tersebut karena kemampuannya mengendalikan lautan dan dunia bawah laut.

BACA JUGA :   Menelusuri Jejak Peninggalan Kerajaan Singasari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *