Daftar Benda yang Dianggap Keramat oleh Masyarakat Indonesia

Pesantenanpati.com – Beberapa masyarkat Indonesia percaya bahwa ada benda yang memiliki kekuatan mistis dan keramat. Bahkan mereka percaya bahwa benda tersebut memiliki pengaruh dalam kehidupannya.

Bisanya, benda-benda tersebut bahkan sudah ada sejak zaman kerajaan-kerajaan. Kemudian benda-benda tersebut dikeramatkan. Bahkan tak jarang, mereka melakukan berbagai ritual untuk merawatnya. Mereka percaya bahwa di dalam benda-benda itu terdapat roh yang sangat kuat. Inilah daftar benda-benda yang dianggap keramat di Indonesia.

  1. Keris

Keris memiliki banyak nama, jenis bahan campuran, dan diyakini dihuni oleh makhluk gaib untuk membuat pemiliknya lebih sakti. Dahulu keris ini merupakan salah satu senjata andalan pada masa kerajaan-kerajaan di nusantara.

  1. Clurit

Benda ini biasa digunakan dalam berkebun di Jawa, namun dikenal dengan nama lain yaitu arit. Clurit atau arit menjadi simbol perebutan kekuasaan antara dua individu Madura. Semakin banyak orang yang terkena sabit, maka semakin suci benda itu.

  1. Mandau

Pertikaian antarsuku di Kalimantan biasanya menggunakan Mandau. Benda ini konon  dikendalikan oleh kekuatan magis dan dapat mencari mangsanya sesuka hati. Mandau yang dianggap keramat ialah yang mampu memenggal kepala orang.

  1. Rencong

Rencong adalah senjata utama rakyat Aceh untuk melawan penjajah. Konon, semakin tua objeknya, semakin sakral nilainya.

  1. Kelewang

Seperti senjata keramat lainnya, kelewang akan lebih keramat lagi jika telah membunuh banyak jiwa. Dahulu kelewang di gunakan dalam pertempuran, kini kelewang lebih di kenal dengan parang.

  1. Badik

Senjata ini sudah di gunakan sejak awal kerajaan-kerajaan di Sulawesi, sehingga semakin tua usianya semakin keramat. Senjata ini menjadi pelindung rakyat Sulawesi sejak zaman dahulu.

  1. Kujang

Benda ini merupakan warisan masyarakat Sunda sejak zaman dahulu. Dahulu kujang merupakan sumber penghidupan bagi masyarakat Sunda yang sebagian besar adalah petani. Kini kujang hanya menjadi pajangan biasa bagi masyarakat Sunda.

  1. Taring harimau

Masyarakat percaya bahwa membawa taring harimau dengan meletakkannya di jempol kaki kanan atau  kiri akan membuatnya berlari secepat harimau. Bahkan, konon hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk menempuh perjalanan dari Jakarta ke Bogor.

  1. Kulit kerbau

Kulit kerbau landu di percaya dapat memperlancar proses jual beli berbagai barang, namun yang utama adalah jual beli tanah. Potongan-potongan kulit ini sering di tempatkan dalam tabung kecil yang bisa di masukkan ke dalam saku.

  1. Taring raja babi hutan

Tokoh yang berasal dari Sumatera Utara konon bisa kebal senjata karena membawa pusaka ini. Namun, agar pusaka ini tetap memiliki kekuatannya, maka sang pengguna tidak boleh melakukan hubungan seks.

BACA JUGA :   Ciri-ciri Tempat Usaha yang Menggunakan Pesugihan dan Penglaris Jin 

Benda-benda keramat ini sering terdengar di telinga kita, namun tidak semua dari kita pernah melihatnya. Hal tersebut karena benda-benda keramat itu sangat di jaga dan di rawat kesuciannya.

Nah, itulah beberapa benda-benda keramat yang sangat terkenal di Indonesia. Bagi kamu yang tertarik dengan hal-hal mistis lainnya, kunjungilah kanal YouTube Pojoke Pati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *