5 Makhluk Mitologi Paling Terkenal di Sumatera 

Pesantenanpati.comSumatera adalah salah satu pulau yang ada di Indonesia dan termasuk pulau terbesar di dunia.  Selain terkenal sebagai kampung halaman bunga rafflesia atau tempat wisata alam seperti Danau Toba.

Pulau ini juga terkenal menjadi surga bagi para makhluk tak kasat mata. Berikut adalah beberapa makhluk gaib gaib yang berasal dari pulau Sumatera dan paling terkenal dikalangan masyarakat umum.

  1. Antu Banyu

Di provinsi Sumatera Selatan, ada mitos hantu yang dikaitkan dengan salah satu sungai yaitu Sungai Musi. Hantu yang terkenal dengan nama Antu Banyu ini bertubuh kekar dan berambut panjang.

Mereka menggunakan rambut tersebut untuk naik ke perahu dan memangsa para korbannya. Datangnya Antu Banyu ini biasanya disertai dengan pusaran air saat sedang pasang.

  1. Balum Bili

Hantu ini berasal dari tanah Aceh dan masih dipercaya oleh masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir. Secara visual, hantu ini muncul dalam bentuk cacing berwarna merah yang terbang di atas permukaan air seperti sungai dan pantai.

BACA JUGA :   Inilah 7 Makhluk Mitologi yang Sangat Terkenal Hingga Mancanegara

Korban yang meninggal di daerah itu sering di percaya sebagai mangsa atau tumbal roh-roh tersebut. Konon, Balum Bili takut dengan suara senjata, oleh sebab itu warga sekitar sering menembakkan senjata ketika mencari korban tewas terbawa arus.

  1. Begu Ganjang

Makhluk halus asal Sumatera Selatan ini bertubuh besar dan panjang dengan rambut panjang tergerai di punggungnya. Masyarakat sekitar percaya bahwa siapa saja yang melihat hantu ini makai a akan jatu sakit hingga meninggal.

Namun sebagian orang juga ada yang nekad memelihara sosok ini untuk memperkaya keluarganya atau untuk pesugihan. Seringkali mereka juga di tunjuk sebagai penjaga kebun atau perkebunan sang pemilik.  Sebagai gantinya, pemilik harus mengorbankan nyawa orang lain sebagai tumbal.

  1. Begu Ture

Seperti namanya, hantu ini adalah hantu yang akan mengganggu orang yang sedang menaiki tangga rumah tradisional panggung Karo. Makhluk ini sering kali menginjak kaki secara tiba-tiba sehingga manusia akan terjatuh bahkan meninggal. Orang-orang melihat kejailan hantu ini maka tidak lama akan melihat kuntilanak dan mendengar suara tawa ejekan.

  1. Homang

Homang di yakini tinggal di Hutan Tapanuli, Sumatera Utara. Mereka adalah makhluk gaib yang dapat menyerupai manusia dalam bentuk fisik, tingkah laku bahkan suara. Jika kamu menjelajahi hutan, di yakini bahwa hantu ini akan menganggu dan membuatmu tersesat.

BACA JUGA :   7 Tumbal Pesugihan Paling Sering Diminta, Semuanya Mengerikan

Masyarakat setempat selalu memperingatkan untuk tidak menyebut nama mereka di tengah hutan, agar hantu Homang tidak bisa meniru orang itu. Itulah beberapa makhluk mitologi yang berasal dari Sumatera. Bagi kamu yang tertarik dengan cerita mistis lainnya, kunjungilah kanal YouTube Pojoke Pati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *