Inilah 7 Makhluk Mitologi yang Sangat Terkenal Hingga Mancanegara

Pesantenanpati.com – Indonesia yang memiliki banyak kisah misterius tentu tidak lepas dari berbagai cerita tentang makhluk mitologi. Beberapa orang mungkin hanya berpikir bahwa makhluk ini tidak nyata. Namun, beberapa orang juga berpikir bahwa makhluk ini memang nyata adanya. Sama seperti di luar negeri, makhluk mitologi Indonesia juga disebut-sebut memiliki berbagai kemampuan supranatural. Nyatanya, makhluk mitologi ini tidak hanya ada di Indonesia saja, beberapa negara di dunia juga mengatahui makhluk mitologi berikut ini :

  1. Garuda

Burung Garuda sebagai lambang Pancasila juga termasuk makhluk mitologi Indonesia.  Dalam berbagai cerita, Garuda tergambarkan sebagai pahlawan yang kuat dan memiliki tubuh berbulu emas dan sayap merah. Konon, makhluk ini juga dapat menghalangi matahari yang bersinar saat terbang. Tentu hal ini bukan menjadi hal rahasia lagi bagi mereka yang mengetahui kisah Garuda dalam kepercayaan Hindu dan Buddha seperti tertuang dalam kitab Mahabharata dan Purana. Kisah ini tidak hanya beredar di Indonesia, tetapi juga telah menyebar ke India dan Thailand.

  1. Nyi Roro Kidul

Selanjutnya adalah Nyi Roro Kidul. Makhluk mitologi ini masih populer dan terkenal hingga saat ini.  Namanya populer dan diyakini sebagai makhluk nyata yang memiliki kekuasaan di laut selatan Indonesia. Bahkan kisah Nyi Roro Kidul terkenal hingga ke luar negeri. Konon, orang-orang yang datang ke Laut Selatan dengan pakaian berwarna hijau akan terseret ombak ke lautan yang dianggap kerajaan Nyi Roro Kidul. Hal tersebut karena warna hijau merupakan warna kesukaan Nyi Roro Kidul.

  1. Ahool

Namanya memang jarang terdengar, namun kisah Ahool ini cukup populer di masa lalu. Menurut berbagai cerita, Ahool muncul di Pegunungan Salak pada tahun 1925. Ceritanya menyebar ketika ahli ornitologi Dr.Ernest Bartels melihat seekor Ahool dengan tubuh besar dan berbentuk seperti kelelawar, dengan lebar sayap sekitar 3 meter. Dari situ tersiar kabar bahwa kemunculan Ahool menyebabkan rusaknya hutan hujan di Pulau Jawa.

  1. Orang Bati

Makhluk mitologi Indonesia selanjutnya yang terkenal di luar negeri adalah Orang Bati. Sebelumnya, makhluk ini pertama kali ditemukan di wilayah Maluku dan ada dugaan hidup di wilayah Pegunungan Kairatu. Misionaris asal Inggris bernama Tyson Hughes dan anggotanya yang tiba di Maluku mengatakan telah melihat kelelawar tersebut sekitar tahun 1987.  Yang lebih menakutkan adalah mereka berkeliaran di malam hari. Kelelawar tersebut ingin berburu anak kecil dan ternak serta menimbulkan ketakutan kepada penduduk desa. Orang Bati, juga terkenal sebagai manusia terbang. Tidak hanya di Indonesia, Orang Bati juga populer di belahan dunia lain, seperti Zambia dan Papua Nugini.

  1. Kuda Sembran

Berikutnya adalah kuda sembran, hewan bersayap yang bisa terbang dan dipercaya pernah ada di Pulau Jawa purba. Jika melihat cerita pewayangan, kuda sembran adalah tunggangan Batara Wisnu. Kisah Kuda Sembran sendiri juga mirip dengan kisah Pegasus dari Yunani.

BACA JUGA :   Alasan Terlalu Strict Kepada Anak Tidak Baik

Bagi kamu yang ingin melihat tayangan tentang kisah misteri, maka kunjungilah kanal YouTube Pojoke Pati dengan klik link di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *