5 Hal tentang Harimau Jawa, Satwa yang Telah Dinyatakan Punah

Pesantenanpati.com – Pada tahun 1980-an, pihak berwenang telah mengumumkan bahwa Harimau Jawa telah punah. IUCN (International Union for Conservation of Nature) juga telah mengklasifikasikannya sebagai spesies yang punah (extinct) di alam.

Di masa lalu, adat istiadat Rampogan Macan, perburuan, serta penebangan hutan untuk pertanian dan pemukiman telah menyebabkan penyempitan habitat Harimau Jawa. Faktor-faktor ini diyakini menjadi penyebab utama kepunahan Harimau Jawa.

Berikut adalah lima informasi mengenai Harimau Jawa yang kini telah diketahui punah:

  1. Harimau Jawa, satwa endemik tanah Jawa yang telah dinyatakan punah

Harimau Jawa dengan nama ilmiah Panthera tigris sondaica merupakan salah satu hewan endemik yang pernah menghuni wilayah Tanah Jawa, berperan sebagai predator puncak dalam rantai makanan di hutan-hutan lebat pulau tersebut.

Tak dapat dipungkiri, Indonesia memiliki tiga subspesies Harimau, yakni Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae), Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica), dan Harimau Bali (Panthera tigris balica). Dari ketiga jenis ini, hanya Harimau Sumatera yang masih bertahan dan dianggap sebagai hewan langka serta dilindungi di Indonesia. Harimau Jawa dan Harimau Bali telah dianggap punah, yang berarti sudah tidak ada lagi di alam liar atau di dalam penangkaran.

BACA JUGA :   3 Pabrik di Indonesia yang Terkenal Angker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *