Cara Balas Pesan Otomatis Tanpa Settingan WhatsApp Bussiness

Pesantenanpati.comWhatsApp Bussiness merupakan layanan Meta menggunakan aplikasi WhatsApp khusus untuk pengguna agar bisnis mudah.

WhatsApp Business Platform ditujukan untuk bisnis berukuran sedang hingga besar yang ingin meningkatkan interaksi pemirsa, mempercepat penjualan, dan mendorong hasil dukungan pelanggan yang lebih baik.

Dalam WhatsApp business terdapat fitur autoreply.

Fitur autoreply sendiri saat ini baru tersedia di WhatsApp versi Business, sehingga bagi para pemilik usaha yang ingin menggunakan fitur autoreply pun harus mendaftarkan diri sebagai akun WhatsApp Business.

Namun dengan bantuan pihak ketiga, kita juga bisa membuat semacam chatbot untuk membalas pesan secara otomatis, tanpa harus mempunyai WhatsApp Business.

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah Auto Reply buatan PransuInc. Aplikasi ini memiliki sejumlah fitur yang terbilang cukup lengkap dan gratis.

Berikut cara menggunakannya :

  1. Unduh terlebih dahulu aplikasi Auto Reply yang tersedia di Google Play Store.
  2. Setelah terpasang, buka dan izinkan aplikasi untuk membaca notifikasi WhatsApp yang masuk.
  3. Kemudian, pada tampilan utama aplikasi Auto Reply, klik ikon “+” yang berada di bagian tengah bawah antarmuka aplikasi untuk mulai membuat chatbot.
BACA JUGA :   Hati-hati Jika Hapus Akun Threads, Hal Ini Akan Terjadi!

Cara membuat pesan balasan otomatis WhatsApp Business lewat aplikasi Auto Reply. foto: KOMPAS

  1. Lalu jenis aplikasi WhatsApp yan digunakan, apakah WhatsApp reguler (WA Official) atau WhatsApp Business
  2. Tulis kata kunci atau pesan yang nantinya bakal memicu balasan otomatis. Misalnya, ketikkan kata kunci tanda “*” dan memilih opsi “All” untuk merespons semua pesan yang masuk agar dibalas secara otomatis.

Contoh lain, memasukkan kata kunci (keyword) spesifik, seperti “Halo”, dan memilih opsi “Exact match” untuk memicu balasan otomatis. Jika demikian, hanya pesan masuk berbunyi “Halo” saja yang akan dibalas secara otomatis.

  1. Setelah memasukkan kata kunci, buat isi balasan otomatis yang sesuai, dengan memilih opsi pengaturan lainnya.
  2. Selesai membuat isi pesan, klik ikon “centang” yang terletak di bawah kanan tampilan aplikasi.

Balasan otomatis yang tadi dibuat nantinya bakal muncul di halaman utama Auto Reply. Kalian juga bisa menonaktifkannya dengan mengklik pesan tersebut hingga ujung tab berwarna merah.

Bila ingin menambahkan balasan otomatis lain, misalnya ingin membuat pesan berdasarkan kata kunci spesifik yang baru, kalian tinggal mengulangi langkah tadi.

BACA JUGA :   Rekomendasi Kamera Mirrorless Tahun 2023

 

Demikian cara balas pesan otomatis tanpa settingan WhatsApp Bussiness.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *