Menguak Berbagai Pohon yang Masih Dianggap Sakral dan Dikaitkan dengan Mitos Jawa

Pesantenanpati.com – Pohon merupakan tanaman bisa hidup selama ratusan tahun dan beberapa di antaranya bahkan  disebut sakral. Hal ini tentu menimbulkan banyak mitos tentang pohon yang berkaitan dengan hal-hal misterius dan sakral di benak orang secara turun-temurun. Bahkan, ada mitos Jawa yang mengaitkan pohon tertentu dengan kekuatan mistis.

Seperti halnya mitos tentang pohon pisang yang konon merupakan tempat bersemayamnya makhluk halus. Sosok makhluk yang sering berada di pohon pisang menurut masyarakat Jawa adalah genderuwo. Hal inilah yang menyebabkan larangan mendekati pohon pisang pada waktu-waktu tertentu untuk menghindari kesialan. Masih ada beberapa pohon yang keberadaannya dikaitkan dengan mitos Jawa yang sakral dan hal-hal mistis lainnya, antara lain:

  1. Pohon bambu sarang makhluk halus

Tumbuhan barongan atau pohon bambu dulunya merupakan tanda adanya sebuah pemukiman atau desa. Barongan sengaja ditanam dan dibiarkan tumbuh lebat, baik untuk perlindungan dari angin kencang maupun sebagai pagar.

Namun di sisi lain, tumbuhnya pohon bamboo juga melahirkan mitos bahwa hantu suka bersarang di sana. Bahkan penduduk desa kuno percaya bahwa jika seorang anak kecil menghilang, ia akan di culik oleh hantu Barongan. Untuk membebaskan anak yang diculik, penduduk desa harus memainkan kentongan atau alat musik sejenis lainnya sambil berjalan-jalan di sekitar desa. Di yakini bahwa hantu akan menari dan melepaskan anak-anak yang di culik dengan suara kentongan penduduk desa.

  1. Pohon pisang sebagai pembawa ilmu menghilang

Pohon pisang yang keberadaannya sangat mudah untuk ditemukan ternyata memiliki sejarah tersendiri yang misterius. Sebagian masyarakat Jawa percaya bahwa pohon pisang memiliki fungsi mistis yaitu sebagai cara untuk membuat orang yang memiliki kesaktian menghilang. Tidak di ketahui secara pasti dari mana mitos ini berasal, namun mitos ini masih ada di benak sebagian masyarakat Jawa.

  1. Larangan menanam bunga kenanga di depan rumah

Kenanga merupakan bunga yang memiliki aroma harum. Konon bau harum bunga kenanga mampu memanggil makhluk halus, sehingga ada larangan untuk menanamnya di depan rumah.

BACA JUGA :   Mitos Larangan Perkawinan Antara Desa Pohijo dengan Desa Ngemplak Kidul

Namun, kini bunga kenanga sudah banyak di tanam di depan rumah. Kemudian lambat laun mitos tersebut semakin melupakan mitos tersebut.

  1. Buah sukun membawa kesialan

Masyarakat percaya bahwa sukun yang tinggi dan rimbun adalah tempat genderuwo. Mitos ini juga menjadi pantangan untuk tidak melewati pohon sukun pada tengah malam untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Selain itu, pohon sukun juga di percaya mampu membawa kesialan, namun belum jelas apa penyebab kesialan dari pohon ini.

Nah, itulah beberapa mitos tentang pohon atau tumbuhan yang terkenal mistis bagi masyarakat Jawa. Bagi kamu yang tertarik dengan berbagai cerita misteri, kunjungilah kanal YouTube Pojoke Pati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *