Inilah 5 Kisah Misterius Tentang Alas Purwo yang Menjadi Hutan Tertua di Pulau Jawa

Pesantenanpati.com – Hutan tertua di Pulau Jawa adalah alas purwo, yang menyimpan banyak cerita mistis. Hutan paling tua ini juga pernah menjadi trending topik di media sosial. Alas purwo berlokasi di Banyuwangi, Jawa Timur.

Pada tahun 2019 yang lalu, nama alas purwo juga dikait-kaitkan tentang kisah KKN di Desa Penari. Namun, benar atau tidaknya kabar ini masih simpang siur karena identitas pengarang cerita juga belum diketahui. Alas purwo terkenal dengan cerita mistisnya yang tersebar dari mulut ke mulut ratusan tahun yang lalu. Berikut lima kisah misterius alas purwo yang  melegenda :

  1. Tempat bagi para raja untuk bertapa dan bertukar pikiran

Alas purwo hutan ini sudah ada jauh sebelum terciptanya negara Indonesia. Ada banyak gua di alas Purwo. Salah satu gua di dekat pintu masuk dijaga oleh dua setan besar. Gua ini sering digunakan sebagai tempat meditasi para raja. Tak hanya itu, gua yang dianggap magis ini juga kerap dijadikan tempat pertemuan para raja untuk bertukar pikiran.

  1. Mereka yang memasuki alas purwo tidak akan pernah bisa keluar

Terletak di kecamatan Tegaldimo dan Purwoharjo di Banyuwangi, hutan ini terkenal sebagai kerajaan jin dan rumah bagi banyak makhluk gaib. Mereka yang dapat melihat makhluk gaib pasti akan akan mengatakan bahwa alas purwo sangat ramai dan padat. Inilah mengapa orang yang mencoba masuk ke alas purwo tidak bisa lagi keluar. Mereka tersesat di  hutan yang pepohonannya sangat lebat. Ada juga yang mengatakan bahwa penghuninya tidak mengizinkan orang tersebut untuk keluar setelah melihat “rumah” mereka. Bahkan jika kita berhasil keluar dari alas purwo, konon kesialan menanti kita seumur hidup.

  1. Tempat mencari pesugihan

Dahulu, alas purwo terkenal sebagai tempat bertapa para raja untuk mendapat ilmu. Namun kini masyarakat menggunakan alas purwo untuk mencari pesugihan. Tak heran jika kamu akan menemukan berbagai makhluk tak kasat mata yang tidak biasa di dalam alas purwo. Karena sebagian dari mereka dikatakan sebagai anak hasil perkawinan antara manusia dan jin sebagai tumbal.

  1. Panggilan suara yang mendatangkan malapetaka

Jika suatu saat kamu berkesempatan mengunjungi alas purwo, maka berhati-hatilah dengan suara panggial. Apabila kamu mendengar suara kecil memanggil namamu saat berada di alas purwo, maka jangan melihat langsung menoleh atau mencari sumber suara tersebut. Karena jika kamu mencari sumber suara tersebut akan mendapatkan kesialan seumur hidup. Lebih buruk lagi, makhluk gaib ini akan membawamu ke alamnya.

  1. Masih ada keris peninggalan Kerajaan Majapahit

Meski terkenal angker dan mengancam nyawa, banyak orang yang ingin datang ke alas purwo. Sebagian besar mereka datang untuk meminta kekayaan atau kenaikan pangkat. Karena keinginan tersebut, bahkan ada yang rela bersemedi berhari-hari untuk mendapatkan wangsit. Ada juga orang yang datang ke alas purwo untuk mencari keris. Jadi jika mereka menemukan keris tersebut, dia akan beruntung dan semua keinginannya akan terkabulkan. Menurut cerita masyarakat setempat, Keris Pusaka Gandring Sumelang peninggalan kerajaan Majapahit masih ada di alas purwo. Namun sejauh ini belum ada yang tahu persis keberadaan keris tersebut. Terlepas dari benar atau tidaknya mitos yang beredar di masyarakat, alas purwo tetap perlu di lestarikan. Jangan sampai kita merusaknya hanya karena penasaran.

BACA JUGA :   4 Danau Indah yang Penuh Mitos dan Misteri di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *