Fakta Tentang Naga, Apakah Makhluk Mitos Ini Benar-benar Ada? 

Pesantenanpati.comNaga adalah makhluk mirip reptil raksasa yang bisa terbang dan menyemburkan api dari mulutnya. Di dunia binatang, julukan naga sebenarnya mengacu pada komodo, spesies asli Indonesia. Lantas bagaimana dengan sejarah cerita naga? Mengapa berbagai negara memercayai naga secara berbeda? Inilah beberapa fakta menarik tentang naga:

  1. Naga sudah ada sejak zaman dahulu

Hingga saat ini, naga termasuk dalam kelompok makhluk mitos yang keberadaannya hanya dikonfirmasi oleh cerita. Kepercayaan akan keberadaan naga mungkin begitu kuat karena sudah diturunkan dari generasi ke generasi. Padahal, naga sudah ada di Cina sejak ribuan tahun sebelum masehi. Gambar naga juga ada dalam teologi agama dan dibahas di Eropa abad pertengahan. Citra naga selalu digambarkan kuat, garang, dan menakutkan.

  1. Makhluk mitos

Jika di perhatikan, hampir semua makhluk mitos yang di turunkan dari generasi ke generasi sebenarnya adalah organisme biasa. Nah, beberapa unsur “bumbu” di tambahkan pada makhluk-makhluk itu untuk menyempurnakan cerita yang di ceritakan sebelumnya. Kisah-kisah kuno seringkali hanya menambahkan “sesuatu” pada reptil ini. Jadilah naga berwujud reptil raksasa bersayap yang bisa menyemburkan api dari mulutnya.

BACA JUGA :   Mitos Jawa yang Masuk Akal dan Tidak Boleh Dianggap Remeh

Orang dahulu menggambarkan sosok naga sebagai hewan raksasa abadi yang di selimuti api dan membakar semua yang ada di dekatnya. Hal tersebut terjadi karena mereka hanya imajinasi saja. Orang-orang zaman dahulu menggambarkan sesuatu sesuai dengan apa yang mereka lihat, seperti kadal, mamalia, burung, monyet, dll.

  1. Persepsi naga juga bervariasi tergantung di mana asalnya

Naga Eropa dan Cina jelas berbeda. Mungkin naga lain juga berbeda, seperti naga air, naga api, naga udara, dll. Bagaimana ini bisa terjadi? Setiap negara pasti memiliki hantu atau makhluk yang berbeda. Hantu Asia biasanya di gambarkan sebagai wanita berambut panjang dan mengenakan gaun putih. Sama dengan konsep naga. Orang Asia, terutama Cina cenderung menyukai naga yang bertubuh ramping, tinggi, tidak bersayap, dan suka bersembunyi di balik awan atau zona yang sangat tinggi. Naga Eropa, di gambarkan lebih berotot, bersayap, dan umumnya lebih mengerikan.

  1. Bagi sebagian orang, naga dipercaya sebagai simbol kekuatan dan kesuksesan

Bagi sebagian orang, naga di anggap sebagai simbol kekuatan, kesuksesan, dan kehormatan. Pada zaman dahulu, kerajaan-kerajaan Tiongkok selalu menggunakan hiasan naga di istananya. Bahkan, tradisi Tionghoa juga memiliki pembagian tahun berdasarkan penanggalan adat mereka.

  1. Naga selalu ada dalam film kesuksesan sebuah film Hollywood

Tidak dapat di sangkal bahwa naga dan Hollywood selalu berteman dekat. Pasalnya, banyak film Hollywood tentang naga. Makhluk mitos ini selalu di gunakan sebagai objek yang kuat, ulet, dan tampak tak terkalahkan.

BACA JUGA :   Perlu Tahu, Inilah 8 Mitos Tentang Rambut yang Salah Kaprah

Nah, itulah beberapa fakta menarik tentang naga. Bagi kamu yang tertarik dengan cerita misteri lainnya, kunjungilah kanal YouTube Pojoke Pati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *