Inilah Kabupaten Tertua di Provinsi Jawa Timur Menurut Catatan Sejarah

Pesantenanpati.comJawa Timur merupakan salah satu provinsi di Pulau Jawa dan menjadi saksi bisu era kolonial di masa lampau. Di berbagai daerah provinsi ini telah menjadi tempat peristiwa penting, salah satunya kota Surabaya. Pada 10 November 1945, ibu kota provinsi Jawa Timur itu menjadi saksi bisu perobekan bendera Belanda di Hotel Majapahit.

Meski sudah ada sejak zaman kolonial, namun Surabaya bukanlah kota tertua di Jawa Timur. Nah berikut ini adalah daerah tertua di ujung timur pulau jawa:

  1. Kabupaten Malang

Kabupaten Malang merupakan daerah tertua di provinsi Jawa Timur. Dilihat dari hari jadinya, kawasan yang dikenal sebagai kota wisata dan kota dingin ini lahir pada 28 November 760. Sebagai kota tertua di Jawa Timur, kota ini pernah menjadi wilayah kekuasaan Kerajaan Kanjuruhan. Bahkan kabarnya memiliki kekuasaan Hindu-Budha paling tua di Jawa Timur. Kerajaan yang berada di Malang ini tercatat berkuasa bersamaan dengan Kerajaan Tarumanegara di Jawa Barat. Kawasan yang terkenal dengan pemandangan alam yang indah dan berbagai tempat wisata ini kini telah berusia 1262 tahun.

  1. Kabupaten Kediri

Kawasan yang berbatasan dengan dua gunung ini merupakan kawasan tertua kedua di Jawa Timur. Diapit oleh Gunung Kelud di sebelah timur dan Gunung Wilis di sebelah barat, daerah ini memiliki tanah yang subur.¬† Kota Tahu ini lahir pada tanggal 25 Maret 804, jadi sekarang sudah berumur 1218 tahun. Nama Kediri berasal dari kata “diri” yang berarti “adeg” (berdiri) dan mendapat imbuhan “Ka” yang berarti “menjadi raja” dalam bahasa Jawa kuno.

  1. Kabupaten Pasuruan

Berikutnya adalah Kabupaten Pasuruan yang menjadi daerah tertua di Jawa Timur. Hingga kini, Kabupaten Pasuruan sudah berusia 1093 tahun. Hari jadi Kabupaten Pasuruan adalah tanggal 18 September.

  1. Kabupaten Nganjuk

Nganjuk berada di urutan keempat yang menjadi daerah tertua di provinsi Jawa Timur. Setiap tanggal 10 April masyarakat selalu memperingati hari jadi Kabupaten Nganjuk. Kini, Kebupaten Nganjuk sudah berusia 1085 tahun.

  1. Kabupaten Trenggalek

Posisi kelima adalah Kabupaten Trenggalek yang tahun ini berusia 829 tahun. Hari lahir Kabupaten Trenggalek adalah 31 Agustus 1194.

  1. Kabupaten Tulungagung

Tulungagung adalah daerah keenam yang termasuk kabupaten tertua di provinsi  Jawa Timur. Terhitung hingga kini Kabupaten Tulungagung berusia 817 tahun. Pada 18 November, Kabupaten Tulungagung akan merayakan hari jadinya yang ke 818 tahun.

BACA JUGA :   Sejarah dan Fakta Ritual atau Permainan Mistis Jelangkung

Nah, itulah beberapa daerah tertua di Jawa Timur yang belum banyak diketahui orang. Bagi kamu yang sedang mencari konten yang menarik tentang sejarah, kunjungilah kanal YouTube Pojoke Pati dengan klik link di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *