Kenali 5 Tanda Infeksi pada Luka yang Tidak Boleh Disepelekan

Pesantenanpati.com – Jangan anggap remeh jika kamu memiliki luka, apalagi jika sudah mengalami infeksi. Hampir setiap orang tentu memiliki luka pada kulitnya. Luka itu sendiri adalah keadaan di mana kulit atau jaringan mengalami kerusakan. Luka dapat terjadi di mana saja, tergantung pada cedera atau kejadian yang dialami oleh seseorang.

Biasanya luka pada kulit terjadi sebab beberapa hal, seperti terjatuh saat beraktivitas atau  tindakan medis seperti operasi. Apabila luka yang dibiarkan terbuka, maka akan lebih rentan terhadap infeksi. Selain itu luka infeksi juga dapat muncuk karena benda yang menyebabkan luka menjadi kotor. Selain itu, penderita penyakit diabetes akan lebih rentan mengalami infeksi luka. Inilah beberapa tanda-tanda infeksi luka yang perlu kamu perhatikan.

  1. Nanah

Jika pada luka sudah terdapat nanah atau cairan keruh, maka berhati-hatilah. Sebab kondisi ini merupakan tanda luka telah terinfeksi luka. Jangan anggap  masalah ini, lebih baik segera periksa ke dokter.

  1. Bengkak dan semakin sakit

Jika luka semakin sakit dan membengkak dalam dua hari, kemungkinan luka kamu sudah terinfeksi. Kondisi ini biasanya karena adanya penumpukan cairan di anggota tubuh atau organ.

  1. Kemerahan

Selain nyeri dan pembengkakan, area di sekitar luka yang terinfeksi biasanya tampak merah. Kemerahan ini terjadi karena ada pelebaran kapiler reversibel.

  1. Luka yang sulit sembuh

Luka yang sudah terinfeksi akan membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh. Bahkan, lukanya tidak kunjung sembuh lebih dari 10 hari.

  1. Demam dan badan terasa lemas

Tidak hanya menimbulkan bekas pada daerah luka, biasanya luka yang sudah meradang juga menyebabkan demam dan badan menjadi lemas. Jika kamu melihat salah satu gejala yang di atas, segera hubungi dokter untuk pemeriksaan. Apabila kamu tidak merawat luka dengan baik, maka akan menyebabkan kondisi yang lebih serius seperti selulitis atau sepsis.

BACA JUGA :   Penyebab Penyakit Vertigo dan Cara Ampuh untuk Mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *