Apakah Sah Berbicara Saat Wudhu? Berikut Penjelasannya

Pesantenanpati.com – Sebelum menunaikan shalat, umat Islam diwajibkan untuk bersuci terlebih dahulu dengan cara berwudhu.

Wudhu pun menjadi salah satu syarat sah seseorang sebelum melakukan ibadah shalat. Wudhu merupakan bersuci dari hadast kecil. Sebagaimana difirmankan oleh Allah SWT dalam surat Al Maidah ayat 6 berikut.

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.”

Kesempurnaan wudhu akan mempengaruhi kesempurnaan dalam beribadah. Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan berhati-hati dan benar-benar melaksanakan wudhu dengan sempurna. Pelaksanaan wudhu juga memiliki beberapa sunah-sunah yang apabila dijalankan akan mendatangkan pahala tersendiri.

BACA JUGA :   Siswa di Bangka Belitung Tewas Usai Lari dari Tawuran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *