Cara Mengatasi Anak Kecil yang Sering Terkena Ruam Popok

Pesantenanpati.comRuam popok merupakan sebuah kondisi umum yang sering dialami anak kecil atau bayi. Ruam popok adalah iritasi kulit yang terjadi pada area yang tertutup popok, seperti selangkangan atau lipatan pada paha anak.

Akibat ruam popok, kulit anak kecil atau bayi menjadi merah, memar, kering, melepuh dan gatal. Kondisi ini seringkali membuat bayi tidak nyaman dan rewel. Hal-hal berikut dapat mempengaruhi penyebab ruam popok pada bayi:

  1. Penggunakan popok yang terlalu lama dapat menyebabkan kulit di sekitar alat kelamin bayi menjadi basah. Selain itu juga menyebabkan pertumbuhan bakteri yang akhirnya mengiritasi kulit.

  2. Menggunakan popok baru dapat mempengaruhi ruam. Setiap popok mengandung bahan yang berbeda, bisa jadi karena efek kain, pemutih atau bahan lainnya.

  3. Popok yang terlalu ketat juga memungkinkan banyak gesekan antara popok dan kulit. Semakin anak aktif bergerak, maka semakin besar kemungkinan terjadinya ruam.

  4. Tidak semua bayi memiliki kulit yang sama. Bayi dengan kulit yang sangat sensitif, seperti dermatitis atopik (eksim) atau dermatitis seboroik, cenderung mengalami ruam bersisik.

  5. Bayi yang masih minum ASI dari ibu yang menggunakan antibiotik memiliki risiko lebih tinggi terkena ruam popok dan diare.

  6. Bayi dalam fase MPASI biasanya makan makanan baru dan mempengaruhi fesesnya. Makanan ini dapat memengaruhi ruam.

  7. Ruam popok dapat muncul karena pengaruh dari produk yang digunakan oleh bayi. Misalnya sabun, bedak, krim, minyak atau tisu basah.

Setelah kamu mengetahui penyebabnya, obati bayi yang sering mengalami ruam popok untuk membantu kulitnya kembali normal dengan cara ini :

  1. Mencuci Tangan

Sebelum mengganti popok anak, pastikan tangan  dalam keadaan steril atau bersih.

  1. Basuh lipatan paha bayi dengan air hangat

Setelah melepas popok, cuci bersih bagian lipatan paha bayi dengan air hangat atau sabun bebas alkohol agar tetap bersih dan bebas dari bakteri dan jamur.

  1. Lap dengan handuk bersih

Orang tua sebaiknya menyediakan  handuk khusus untuk mengelap area sekitar lipatan paha anak. Pilih handuk lembut yang mudah menyerap air atau handuk bebas alkohol.

  1. Popok harus bersih dan kering

Pastikan menggunakan popok yang bersih, kering dan bebas lembab.

  1. Menggunakan krim atau salep anti gatal

Sebelum menggunakan popok, kamu dapat mengoleskan krim atau salep anti gatal yang mengandung zinc oxide. Kamu juga dapat membeli krim ini di apotik atau bertanya pada dokter kulit terlebih dahulu.

  1. Jangan gunakan popok untuk sementara waktu

Untuk menghindari ruam, jangan gunakan popok sekali pakai untuk sementara waktu. Alternatifnya, kamu dapat menggunakan popok kain hingga ruam sembuh.

  1. Mengoleskan ASI pada kulit yang mengalami ruam

Cara merawat bayi yang sering mengalami ruam popok dapat mengoleskan ASI pada ruam. Ini termasuk perawatan yang aman, nyaman dan efektif, bahkan  dibuktikan dengan banyak hasil penelitian. Namun pastikan tangan ibu bersih dan steril sebelum mengoleskan ASI pada ruam.

BACA JUGA :   7 Tips Ampuh Atasi Kinerja Lambat pada Smartphone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *