Wabah Penyakit LSD Hewan Ternak Sudah Masuk Rembang, Ada 99 Kasus

Pesantenanpati.com – Belum putus penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Kabupaten Rembang, sudah timbul kasus varian lain.

Penyakit varian Lumpy Skin Disease (LSD) yang menjangkiti hewan ternak khususnya sapi sebelumnya sudah ada dan menyebar di daerah lain. Namun kala itu Rembang belum dilanda wabah tersebut.

Menurut pantauan Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang, Lulu Rofiana mengungkapkan kasus penyakit LSD pada hewan ternak sudah mewabah sekitar satu bulan lamanya.

Lulu menjelaskan penyakit LSD mulai menyebar pada 19 Januari 2023 sampai dengan 1 Februari 2023 dengan jumlah kasus 101 hewan sapi yang terjangkit.

Kasus dengan ciri-ciri benjol pada kulit sudah ada yang mati 1 ekor sedangkan hewan yang sembuh ada 1 ekor. Sehingga sampai saat ini kasus LSD masih ada 99 ekor.

“Update kasus LSD semula kasus ada 101 ekor, kematian 1 ekor, sembuh 1 ekor. Total kasus 99 ekor,” ucap Lulu saat dihubungi Mitrapost.com, Sabtu (4/2/2023).

BACA JUGA :   Tekan Angka Penyebaran PMK, Dintanpan Rembang Kembali Lakukan Vaksinasi Hewan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *