Telaga Sarangan, Wisata di Jawa Timur yang Menyimpan Cerita Misteri

Pesantenanpati.comTelaga Sarangan adalah sebuah danau yang terletak di lereng Gunung Lawu, Jawa Timur. Danau ini dikenal sebagai salah satu objek wisata alam yang menarik di wilayah tersebut. Seperti banyak tempat bersejarah  di Jawa Timur, Telaga Sarangan juga memiliki sejumlah mitos dan legenda yang terkait dengan asal usulnya. Berikut adalah beberapa cerita mitos yang sering terdengar mengenai Telaga Sarangan.

  1. Asal-usul Telaga

Asal mula Telaga Sarangan berawal dari sepasang suami istri yang bernama Kyai Pasir dan Nyai Pasir. Mereka yang tinggal di kaki Gunung Lawu dan tidak memiliki keturunan dalam kesehariannya mengelola ladang yang ada di dekat rumah mereka.

Pada suatu hari, seperti biasa Kyai Pasir berangkat ke ladang untuk membuka lahan cocok tanam yang baru. Karena lahan baru tersebut masih banyak pohon besar didalamnya, maka Kyai Pasir menebang beberapa pohon besar untuk memudahkan dalam bercocok tanam.

Sesampai di ladang, Kyai Pasir yang baru beberapa kali mengayunkan cangkulnya tiba-tiba saja merasa pusing, berkunang-kunang dan tubuhnya terasa gatal dan panas sekali. Semua tubuh sudah digaruk, namun tak kunjung reda. Karena tidak kuat, Kyai Pasir sampai jatuh terguling di tanah untuk mengurangi rasa gatal di tubuh, namun tak juga berkurang gatalnya.

BACA JUGA :   Inilah 5 Kampus Favorit yang Memiliki Cerita Horor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *