Jangan Dilanggar! Inilah 4 Mitos Tempat Wisata Indonesia yang Masih Dipercaya

Pesantenanpati.com – Bukan rahasia lagi kalau Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang unik dan luar biasa. Pesona keindahan yang ditawarkan tempat wisata tersebut membuat setiap pengunjung terkagum-kagum.

Namun percaya atau tidak, banyak masyarakat Indonesia yang percaya dengan keberadaan berbagai hal mistis di tempat wisata tersebut. Namun, sebagai seorang wisatawan, tentunya kamu harus memahami, mengikuti, dan menghormati aturan serta adat istiadat tempat tujuan wisata yang kamu kunjungi. Nah daripada penasaran, berikut beberapa mitos pariwisata paling terkenal di Indonesia.

  1. Bali

Wisatawan yang berkunjung ke Bali memiliki beberapa mitos yang tentunya sering didengar yaitu tidak boleh menginjak sajen.

Sajen sendiri berupa bunga berwarna-warni atau aneka makanan yang memiliki nilai spiritual dan dihormati oleh masyarakat Bali, khususnya yang menganut agama Hindu Dharma.

Orang Bali percaya bahwa sajen adalah makanan untuk Buta Kala, roh penjaga pulau tersebut. Oleh karena itu, wisatawan dilarang  menginjak, menendang, atau melangkahi sajen. Apabila melanggar maka suatu bencana akan datang kepada orang tersebut.

  1. Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo merupakan sebuah danau yang sangat terkenal akan keindahannya. Banyak orang percaya bahwa air Ranu Kumbolo adalah air suci. Banyak yang menggunakan air tersebut sebagai prosesi ritual keagamaan masyarakat di sana.

BACA JUGA :   Indonesia Ekspor Jagung 160 Ton untuk Stabilkan Harga

Mitos danau ini adalah di larang berenang dan mencuci.  Selain itu, semua kegiatan harus di lakukan kurang lebih 10 meter dari tepi danau, termasuk mendirikan tenda. Larangan itu juga di lakukan demi keselamatan pendaki. Suhu air tidak dapat di prediksi dan cukup ekstrem dapat menyebabkan kejang-kejang dan gangguan tubuh lainnya.

  1. Pantai Parangtritis

Daya tarik pantai Parangtritis terkait dengan mitos yang tersebar luas bahwa wisatawan tidak boleh mengenakan pakaian berwarna hijau. Bagian dari pantai selatan, Parangtritis di yakini sebagai wilayah dari tokoh mitos Nyi Roro Kidul.

Konon, barang siapa yang memakai pakaian berwarna hijau, ia akan di tarik dan di jadikan pembantu oleh Nyi Roro Kidul.

  1. Gua Hawang

Gua Hawang di Maluku Tenggara juga merupakan tujuan wisata yang sangat indah. Struktur batuan yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Selain itu, terdapat kolam bening kebiruan di dalam goa. Gua Hawang sendiri memiliki mitos yang terkenal yaitu terdapat sebuah batu karang di  Gua yang menyerupai manusia dan dua ekor anjing.

BACA JUGA :   Inilah Kabupaten Tertua di Provinsi Jawa Timur Menurut Catatan Sejarah

Cerita bermula ketika seorang pria berburu babi hutan dengan dua ekor anjingnya. Namun ia tidak dapat menangkap babi hutan yang memasuki gua. Kemudian, pria itu akhirnya meminum air gua, namun rasanya ternyata pahit. Lalu ia marah dan mengucapkan kata-kata kotor, sehingga ia dan anjingnya di kutuk menjadi batu. Oleh karena itu wisatawan di larang mengunjungi gua ini dengan berbicara kotor.

Itulah beberapa tempat wisata di Indonesia yang terkenal dengan mitosnya. Bagi kamu yang tertarik dengan cerita mitos lainnya, kunjungilah kanal YouTube Pojoke Pati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *