Inilah 7 Hewan Peliharaan yang Membawa Hoki menurut Primbon Jawa

Pesantenanpati.comHewan merupakan bagian penting dari berbagai ajaran dan kepercayaan lokal masyarakat Indonesia. Dalam primbon Jawa, hewan-hewan tertentu diyakini memiliki kekuatan untuk membawa kebahagiaan, kekayaan, dan kemakmuran bagi orang-orang di sekitarnya.

Jika seekor hewan datang tanpa kemauan kita, kemudian membiarkannya tinggal di rumah merupakan semacam doa kepada Tuhan. Jika bisa dibeli, bahkan ada yang rela mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkannya. Berikut beberapa hewan yang menurut primbon Jawa membawa hoki saat memeliharanya di rumah.

  1. Burung perkutut Jawa

Hewan pertama yang dianggap sebagai simbol keberuntungan adalah perkutut. Burung ini memiliki ukuran yang kecil (rata-rata 21 cm), tubuh yang sempit dan ekor yang memanjang dibelakangnya. Tubuhnya identik dengan warna cokelat dengan garis-garis hitam. Menurut primbon jawa, semakin keras kicauan burung ini maka semakin besar kekayaan yang dibawanya bagi yang merawatnya. Tradisi memelihara burung ini di yakini telah di praktekkan oleh raja-raja seperti Prabu Brawijaya V, raja terakhir Majapahit.

  1. Burung Puter Pelung

Burung keberuntungan lainnya yang masuk dalam daftar ini adalah burung puter jenis pelung. Seperti namanya, burung ini akan membantu seseorang terus menghasilkan uang tanpa henti. Keunikan burung pelung ini sebanding dengan kehidupan yang di bawanya kepada pemiliknya.

  1. Ikan koi

Seperti Fengshui, ikan koi juga termasuk dalam primbon jawa lambang hewan pembawa keberuntungan. Ikan koi dapat membantu menjaga energi ketenangan dan kesabaran. Hal ini di yakini dapat membantu seseorang membuat keputusan bisnis yang menguntungkan.

  1. Kura-kura

Sebab umurnya yang bisa ratusan tahun, kura-kura di jadikan sebagai simbol kesehatan. Menempatkannya di kolam atau akuarium akan membantu melawan berbagai penyakit yang bisa di derita pemilik rumah. Kesehatan adalah kunci pertama menuju kesuksesan.

  1. Kupu-kupu putih

Tidak ada jenis tertentu, namun semua kupu-kupu berwarna putih di yakini sebagai simbol keberuntungan. Saat kupu-kupu memasuki rumah pada malam hari, mereka juga membawa keberuntungan bagi orang yang tinggal di rumah tersebut. Kepercayaan ini sangat populer di pulau Jawa dan telah di wariskan secara turun-temurun hingga saat ini, terlepas dari asal usul primbonnya.

  1. Tokek

Jika kamu mendengar suara tokek di rumah, maka biarkan saja dan jangan menganggubta. Konon, tokek yang mengeluarkan suara setiap jam cenderung memancarkan energi positif kepada orang-orang di sekitarnya. Namun jika keluargamu satu persatu jatuh sakit, maka segera singkirkan tokek tersebut.

  1. Ayam jantan atau jago

Orang Jawa percaya bahwa ayam jago adalah simbol kemenangan karena kerja keras.  Memelihara ayam jago memberikan energi untuk menumbuhkan rasa percaya diri pemilik untuk menuju cita-citanya. Semakin keras suara ayam jago juga mempengaruhi keberhasilan mendapatkannya.

BACA JUGA :   Kuda Sembrani, Hewan Mitologi Khas Nusantara yang Memiliki Kekuatan Gaib

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *