Waspada! Ini Dia 8 Tanda Rambut Rontok Karena Penyakit

Pesantenanpati.comRambut rontok merupakan keluhan yang sangat umum, terutama pada wanita yang cenderung memiliki rambut panjang.  Biasanya kondisi seperti itu sering terjadi saat mencuci, mengeringkan, dan menyisir rambut. Bahkan tak jarang jika sisir menyisakan banyak rambut rontok. Meski cukup umum, bukan berarti harus diremehkan. Kerontokan rambut dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti :

  1. Ketidakcocokan produk rambut

  2. Menggunakan ikat rambut yang terlalu kencang dan panjang

  3. Penggunaan sisir yang tidak tepat

  4. Stres

  5. Munculnya beberapa penyakit

Di antara banyak penyebab kerontokan rambut, salah satu yang paling mengkhawatirkan adalah adanya penyakit tertentu yang menyebabkan kerontokan rambut. Berikut 8 penyebab kerontokan rambut pertanda adanya suatu penyakit :

  1. Hormon tidak seimbang

Michele Green, MD, seorang dokter kulit kosmetik di New York menjelaskan bahwa sensitivitas androgen dapat memburuk selama perubahan terkait estrogen, seperti KB atau menopause.

  1. Alis dan bulu mata juga rontok

Jika alis dan bulu mata, bisa jadi itu merupakan gejala penyakit autoimun.

  1. Lesu dan mudah lelah

Hal ini dapat terjadi ketika seseorang kekurangan seng dan zat besi karena menyebabkan rambut rontok dan mudah membuat tubuh lelah.

  1. Nyeri otot

Salah satu gejala hipotiroidisme adalah penipisan rambut disertai kekakuan otot. Penderita mengalami ketidakseimbangan hormon, sehingga sering disertai dengan bertambahnya berat badan dan tubuh mengalami lesu.

  1. Seiring dengan gangguan autoimun

Alopecia adalah istilah medis untuk rambut rontok. Selain itu alopecia areata menggambarkan penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan rambut baru.

  1. Trauma fisik sebelumnya

Penn Medicine menyatakan bahwa ketika tubuh mengalami stres fisik yang parah, maka akan mengalami 50 hingga 75 persen rambut rontok.

  1. Stres

Gejala kerontokan rambut akibat stres biasanya berlangsung hingga tiga sampai enam bulan.

  1. Malnutrisi

Pola makan yang buruk atau diet yang sangat ketat dapat menyebabkan segala jenis kekurangan nutrisi. Itulah yang dapat menyebabkan kerontokan rambut, mulai dari penipisan rambut hingga kebotakan.

BACA JUGA :   Awas! Kenali Tanda-tanda Kehadiran Makhluk Halus Melalui Aroma

Demikian beberapa tanda kerontokan pada rambut yang perlu kamu waspadai karena terjadi akibat suatu penyakit. Segera periksakan kesehatan kamu jika kerontokan pada rambut sudah parah agar mendapatkan perawatan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *