Keutamaan Membaca Bacaan Basmalah Setiap Akan Melakukan Pekerjaan

Pesantenanpati.com – Umat Islam tentunya harus terbiasa membaca doa atau bacaan tertentu sebelum melakukan aktivitas. Lafadz basmalah ternyata menjadi bacaan yang penting oleh umat Islam. Ada beberapa hadis yang menyatakan pentingnya membaca basmalah.

Dalam HR. Ibnu Umar, Rasulullah SAW bersabda, “Jibril ketika datang kepadaku yang pertama kali diucapkannya dan diberikan kepadaku adalah kata bismillahirrahmaanirrahiim.”

Adapun lafal basmalah adalah sebagai berikut.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Bismillahirrahmaanirrahiim

Artinya, “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Basmalah berada di awal setiap bab (surah) Al-Qur’an. Basmalah adalah pengingat akan berkah dan rahmat Allah dan berfungsi sebagai cara untuk mencari bimbingan dan perlindungan-Nya.

Membaca basmalah memiliki keutamaan yang sangat penting dalam agama Islam. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Mengundang Rahmat Allah

Basmalah mengandung nama Allah yang penuh rahmat dan kasih sayang. Oleh karena itu, membaca basmalah sebelum melakukan tindakan apa pun merupakan cara yang baik untuk meminta rahmat Allah dan meminta agar Allah memberikan berkah dan perlindungan kepada kita.

  1. Menjaga diri dari godaan setan

Setan dan jin memiliki kekuatan untuk mempengaruhi dan merayu manusia untuk melakukan tindakan buruk. Namun, membaca basmalah sebelum melakukan tindakan apa pun dapat membantu seseorang menjaga diri dari godaan setan dan jin.

  1. Memberikan perlindungan

Basmalah juga dapat memberikan perlindungan dari kejahatan dan bahaya. Membaca basmalah sebelum melakukan tindakan apa pun dianggap sebagai langkah awal untuk memohon perlindungan Allah dari bahaya dan kesulitan.

  1. Mendapatkan pahala

Seperti dengan semua amalan yang baik dalam Islam, membaca basmalah juga dianjurkan dan memberikan pahala yang besar. Rasulullah SAW sendiri selalu membaca basmalah sebelum melakukan tindakan apa pun.

BACA JUGA :   Doa Meluluhkan Hati yang Keras

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *