Niat dan Keutamaan Menjalankan Shalat Tarawih Selama Bulan Ramadhan

Pesantenanpati.comShalat tarawih adalah shalat sunnah yang dilakukan umat Islam pada bulan Ramadhan. Biasanya shalat tarawih ini dilakukan setelah shalat Isya dan sebelum shalat witir. Shalat Tarawih terdiri dari 20 rakaat dan dapat melakukannya secara berjamaah maupun sendirian (munfarid)

Shalat tarawih tidak wajib, tetapi ada anjuran bagi umat Islam untuk melakukannya selama bulan Ramadhan. Nabi Muhammad saw menganjurkan shalat sunah ini selama bulan Ramadhan dan para sahabat melanjutkan praktek shalat ini setelah beliau.

Umat Islam percaya bahwa melakukan shalat Tarawih adalah cara untuk mendapatkan pahala dan berkah tambahan dari Allah. Selain itu juga sebagai sarana mempererat hubungan seseorang dengan Allah, memohon ampunan dosa, dan meningkatkan kesadaran spiritual seseorang.

Niat shalat tarawih merupakan urusan pribadi antara seorang muslim dengan Allah. Namun, berikut adalah niat umum untuk niat shalat Tarawih:

Niat Sholat Tarawih Sendiri

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tarāwīhi rak’atayni mustaqbilal qiblati lillāhi ta’ālā

BACA JUGA :   Belum Bayar Hutang Puasa Tapi Sudah Ramadhan Lagi?

Artinya: “Aku niat sholat sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, saat ini, karena Allah Ta’ala.”

Niat Sholat Tarawih Berjamaah sebagai Makmum

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tarawihi rak’atayni mustaqbilal qiblati ada’an ma’muman lilahi ta’alaa

Artinya: “Aku niat sholat sunnah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, saat ini sebagai makmum karena Allah Ta’ala.”

Niat Sholat Tarawih Berjamaah sebagai Imam

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tarawihi rak’atayni mustaqbilal qiblati ada’an imaman lilahi ta’alaa

Artinya: “Aku niat sholat sunnah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, saat ini sebagai imam karena Allah Ta’ala.”

Penting untuk kamu catat bahwa niat harus dalam hati, dengan keikhlasan dan pemahaman akan tujuan di balik doa tersebut. Kamu tidak perlu mengucapkan niat tersebut secara kerasa dan lantang.

Sholat tarawih adalah sholat sunnah yang memiliki arti penting dan manfaat bagi umat Islam. Berikut ini beberapa keutamaan dan manfaat melaksanakan shalat tarawih di bulan Ramadhan:

  1. Peningkatan Pahala

Melakukan shalat tarawih selama Ramadhan diyakini sebagai sarana untuk mendapatkan pahala tambahan dari Allah. Nabi Muhammad saw mengatakan, “Barangsiapa berdiri (dalam doa) selama Ramadhan karena iman dan mencari pahala dari Allah, semua dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (Sahih Bukhari)

  1. Memperkuat Iman

Sholat Tarawih membantu memperkuat iman dan hubungan seseorang dengan Allah, karena melibatkan membaca Alquran dan berdiri dalam sholat untuk waktu yang lama.

  1. Ikatan Sosial

Banyak masjid menawarkan sholat tarawih berjamaah, memberikan kesempatan bagi umat Islam untuk mengikat dan memperkuat ikatan komunitas mereka.

  1. Pengampunan Dosa

Shalat tarawih memberikan kesempatan untuk memohon ampunan dosa. Terdapat keyakinan bahwa melaksanakan shalat ini dengan ikhlas dapat membantu untuk menebus dosa-dosa seseorang.

  1. Peningkatan Kesadaran Spiritual

Sholat Tarawih membantu meningkatkan kesadaran spiritual, perhatian, dan kesadaran seseorang akan Allah, karena melibatkan fokus pada mengingat-Nya dan mencari keridhaan-Nya.

BACA JUGA :   Sunnah Sebelum Berangkat Haji dan Umroh dan Doanya

Secara keseluruhan, shalat Tarawih merupakan sarana untuk mencari ridha Allah, meningkatkan kesadaran spiritual seseorang, serta mempererat tali keimanan dan kemasyarakatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *