Mengenal Samin dan Ajaran Cinta Lingkungannya

Pati, Pesantenanpati.com – Samin atau Sedulur Sikep merupakan kepercayaan yang dianut oleh masyarakat dengan menjalankan kehidupan sehari-hari dari ajaran Samin.

Samin banyak ditemui di wilayah Pegunungan Kendeng mulai dari Rembang, Grobagan, Pati, Lamongan, Madiun, Tuban, Gresik dan beberapa kota lainnya.

Kabupaten Pati sendiri, penganut Samin tersebut mayoritas di wilayah Pati Bagian Selatan. Beberapa diantaranya yakni di wilayah Kecamatan Sukolilo, seperti Dukuh Bombong, Desa Baturejo, Dukuh Bowong, Desa Baleadi, Desa Kedumulyo dan lainnya.

Samin juga tersebar di Kecamatan Tambakromo, Gabus hingga wilayah Tlogowungu.

Ajaran Samin sendiri ini muncul dari Kabupaten Blora yang dibawakan oleh Samin Soerosentiko atau yang lebih dikenal dengan nama Mbah Samin.

Perlawanan dan perjuangan yang diajarkan oleh Mbah Samin ini berawal keprihatinannya atas penjajahan oleh Belanda pada era sekitar tahun 1850-an.

Bentuk perlawanan yang kala itu dilakukan yakni dengan menolak atas tuntutan-tuntutan yang dibebankan bagi masyarakat sekitar. Salah satu yang mencolok saat itu, yakni menolak untuk membayarkan upeti atau pajak kepada bangsa Belanda.

BACA JUGA :   Pasien Covid Tak Lagi Ditanggung Pemerintah Mulai September, Ini Tanggapan Dinkes Pati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *