Dishub Ungkap Keluhan Sopir Angkudes di Pati

Pati, Pesantenanpati.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pati mengungkapkan keluhan dari sopir angkutan desa (angkudes) di Bumi Mina Tani.

Kepala Seksi (Kasi) Angkutan Dishub Kabupaten Pati, Prasetyo Fajar Bahagiawan mengatakan pernah ada para sopir angkudes yang mengeluh karena murid yang menjadi langganannya pindah ikut menumpang mobil pribadi milik wali murid temannya.

“Kemarin juga ada gara-gara sedikit lah, sopir-sopir mengamuk karena ada mobil pribadi yang bawa tetangganya. Jadi awalnya ikut angkutan itu, berkurang setelah ikut tetangganya tadi,” paparnya.

Sebagai informasi, minat masyarakat menggunakan Angkutan Desa (Angkudes) di Kabupaten Pati saat ini memang mulai menurun. Banyak masyarakat yang memilih menggunakan kendaraan pribadi.

Ia menyebutkan, terhitung sampai sekarang hanya tersisa 37 persen dari total jumlah angkudes di tahun 2013 silam.

“Kita mulai mendata angkudes di Kabupaten Pati mulai tahun 2013. Di tahun itu ada sekitar 700 angkudes. Sedangkan per September 2023 ini ada 260 angkudes. Sehingga ada pengurangan jumlah angkudes yang sangat signifikan hingga 63 persen,” ujarnya.

BACA JUGA :   Usung Konsep Tradisional, Kedai di Pati Sukses Raup Omzet Puluhan Juta

Ia menambahkan, penumpang yang masih setia menggunakan moda transportasi massal yakni beberapa pedagang dan anak sekolah saja.

“Saat ini, masyarakat yang masih menggunakan angkudes hanyalah beberapa, pedagang di pasar dan murid di sekolah menengah pertama,” imbuhnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *