Peneliti Gunakan AI untuk Prediksi Juara Piala Dunia 2022

Pesantenanpati.com – Dengan kemajuan teknologi, prediksi Piala Dunia 2022 kini telah menggunakan AI.

Pernah mendengar kisah Paul si Gurita yang namanya selalu muncul di setiap perhelatan Piala Dunia? Dia adalah salah satu hewan yang sering memprediksi negara mana yang akan keluar sebagai juara.

Nah, untuk tahun 2022 ini, peneliti tidak lagi menggunakan hewan manapun. Kali ini di Piala Dunia 2022, penggunaan kecerdasan buatan (AI) untuk memprediksi negara mana yang akan keluar sebagai pemenang dicanangkan.

Penggunaan AI

Peneliti dari Alan Turing Institute telah mengembangkan model AI kompleks yang terrancang untuk memprediksi hasil Piala Dunia 2022.

Untuk membuat prediksi, mereka mengumpulkan data dari GitHub martj42, yang menampilkan hasil dan statistik setiap pertandingan internasional sejak 1872.

Selain menggunakan data dari hasil pertandingan, para peneliti juga mengintegrasikan peringkat resmi FIFA ke dalam model AI untuk membuat prediksi lebih akurat.

Algoritme kemudian menggunakan statistik Bayesian untuk memprediksi hasil yang paling mungkin dari setiap permainan.

Peneliti kemudian bereksperimen dengan tes AI untuk memprediksi juara dunia di tahun-tahun sebelumnya seperti 2014, 2008, 2002 dll.

BACA JUGA :   Erick Thohir Resmi Terpilih Jadi Ketum PSSI yang Baru

Kemudian mereka memprediksi juara dunia 2022. Setelah melacak daftar pemenang pertandingan Piala Dunia 2022 lebih dari 100.000 kali, AI menawarkan serangkaian prediksi yang mengatakan negara mana yang memiliki peluang terbaik untuk menang.

Prediksi Juara Piala Dunia 2022

Hasil prediksi yang keluar adalah negara Brasil menjadi negara dengan peluang besar juara Piala Dunia 2022 Qatar sebesar 25 persen, kemudian Belgia dan Argentina. Prancis berada dalam urutan keempat dan Inggris kelima, lalu oleh Spanyol, Belanda, Denmark, Portugal, dan Kroasia.

Tim menyebut ada sejumlah faktor lain yang tidak bisa terperhitungkan dalam model AI ini, antara lain cuaca, penyesuaian zona waktu dan penampilan tiap pemain, dan tentu saja penalti.

Jadi prediksi ini tidak 100% benar. Karena banyak faktor yang dapat mempengaruhi permainan di lapangan.

Termasuk apakah para pemain mampu beradaptasi dengan kondisi cuaca di Qatar yang bisa mempengaruhi performa masing-masing individu.

Nah, itulah hasil prediksi teknologi AI mengenai juara Piala Dunia 2022. Tenang, jangan mudah percaya dengan hasil ini ya. Bisa kita lihat peneliti mengatakan bahwa hasil ini tidak semua benar. Jadi apabila jagoanmu tidak ada dalam daftar juara, tenang masih ada kesempatan. Terus dukung juaramu ya.

BACA JUGA :   Ramalan Cuaca Hari Ini (1/4): Umumnya Berawan

Peneliti Gunakan AI untuk Prediksi Juara Piala Dunia 2022“, Rembangnews, 26 Nov 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *