Virus Flu Burung Clade Baru Masuk ke Indonesia, Kemenkes: Belum Ada Laporan Penularan ke Manusia

Pesantenanpati.comKementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau masyarakat untuk lebih waspada terhadap virus Flu Burung Clade Baru 2.3.4,4b atau Highly Pathogenic Avian Influenza (HAPAI). Hal itu karena, virus tersebut telah masuk ke Indonesia, dan berpotensi menyebar ke manusia.

Dirjen pencegahan dan pengendalian penyakit Kementerian Kesehatan, Maxi Rein Rondonuwu menjelaskan bahwa hingga kini belum ada laporan penularan ke manusia. Meski begitu, pemerintah dan masyarakat perlu waspada.

“Saat ini memang belum ada laporan penularan ke manusia, tapi kita tetap harus waspada” kata Maxi dilansir dari CNN Indonesia.

Virus ini disebut memiliki kekuatan mutasi yang cukup cepat. Pihak Kemenkes pun telah mengeluarkan Surat Edaran Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Nomor PV.03.01/C/824/2023 tentang Kewaspadaan Kejadian Luar Biasa Flu Burung (H5N1) Clade Baru 2.3.4.4b.

Surat edaran tersebut meminta agar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dan kabupaten/kota, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di seluruh Indonesia untuk saling berkoordinasi dengan instansi yang membidangi fungsi kesehatan hewan.

Selain itu, fasilitas kesehatan juga diminta disiapkan untuk penatalaksanaan kasus suspek flu burung dan melakukan peningkatan kasus suspek flu burung sesuai pedoman yang ditetapkan.

BACA JUGA :   6 Cerita Mistis Misterius tentang Gunung di Indonesia yang Masih Menyimpan Teka-Teki

Peningkatkan pengawasan terhadap pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri di pelabuhan, bandar udara dan pos lintas batas darat negara juga diminta untuk dilakukan.

“Semua kita siagakan” ujar Maxi.

Selain itu, saat pelaku perjalanan mengalami gejala flu burung, maka harus menjalani pemeriksaan. Selain itu, masyarakat pun diminta untuk lebih teliti dan melaporkan saat terjadi kematian yang besar-besaran dan mendadak. (*)

 

Virus Flu Burung Clade Baru Masuk ke Indonesia, Kemenkes: Belum Ada Laporan Penularan ke Manusia“. Mitrapost.com,, 28 Februari 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *