Daftar Camilan Sehat dan Kaya Serat yang Bagus untuk Tubuh

Pesantenanpati.com – Banyak orang yang takut mengonsumsi camilan disela-sela waktu sebelum atau setelah makan, apalagi camilan yang tidak sehat. Hal itu karena mereka takut jika tubuh menjadi gemuk apabila kebanyakan camilan.

Pada dasarnya, justru disarankan agar perut tetap kenyang dengan camilan di antara waktu makan. Kebiasaan ngemil di sela waktu makan sangat bermanfaat bagi penderita masalah lambung. Namun, banyak orang yang malas ngemil karena takut membuat badan menjadi gemuk. Padahal, jika kamu memilih camilan yang benar, kebiasaan ngemil ini tidak berdampak negatif pada berat badan.

Hindari jajanan yang tidak sehat dan berlemak seperti bakso, gorengan, seblak dll. Alih-alih camilan berlemak, kamu dapat mencari camilan berserat tinggi. Makanan kaya serat membuat perut  kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebihan. Berikut beberapa camilan yang dapat kamu makan dan tentunya kaya serat serta menyehatkan tubuh :

  1. Popcorn

Popcorn merupakan salah satu snack berserat tertinggi yang dapat pilih. Popcorn sendiri pada dasarnya terbuat dari 100 persen gandum utuh, yang kaya akan serat. Ada sekitar 2 gram serat dalam 250 gram popcorn.

  1. Smoothie

Tak hanya untuk sarapan, smoothies juga bisa menjadi camilan yang asyik. Jika ingin bermalas-malasan, tidak ada salahnya menjadikan smoothie sebagai camilan. Kamu dapat menggunakan bahan-bahan berserat tinggi seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh.

  1. Puding chia

Meskipun ukurannya  kecil,  biji chia sangat bergizi. Sekitar 2 sendok makan biji chia mengandung 10 gram serat, atau sekitar 35 persen dari kebutuhan serat harian Anda. Puding dapat dibuat dari biji chia dan susu. Jadikan puding chia sebagai camilan sehat.

  1. Oatmeal

Apakah kamu ingin makan kue? Untuk camilan kaya serat, kamu dapat memilih oatmeal. Seperti namanya, cookies ini terbuat dari oat yang kaya serat. Kamu bahkan dapat dengan mudah membuatnya sendiri di rumah.

  1. Kacang edamame panggang

Kacang edamame adalah camilan  yang mengenyangkan dan renyah. Kacang edamame memiliki lebih banyak serat dan protein dibanding jenis kacang lainnya. Sekitar 60 gram kacang edamame mengandung 6 gram serat. Juga mengandung 15 gram protein, 5 gram lemak sehat dan 130 kalori.

  1. Pir

Pir juga dapat menjadi camilan yang mengenyangkan. Satu buah pir ukuran sedang mengandung 5,5 gram serat.

  1. Apel

Apel selain merupakan buah yang menyehatkan, juga cukup mengenyangkan perut. Satu buah apel berukuran sedang biasanya mengandung 4,5 gram serat. Oleh karena itu, nampaknya apel dapat dijadikan makanan ringan berserat tinggi.

  1. Almond, pistachio atau biji bunga matahari

Satu ons almond biasanya mengandung sekitar 3,5 gram serat. Jumlah yang sama ditemukan pada  pistachio dan biji bunga matahari.

  1. Pisang

Satu buah pisang berukuran sedang biasanya mengandung sekitar 3 gram serat. Kamu dapat menjadikannya sebagai camilan sehat. Selain mengenyangkan, pisang juga mengandung potasium yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

  1. Dark Chocolate
BACA JUGA :   Wajib Tahu, 5 Manfaat Anggur Untuk Ibu Hamil

Boleh makan jajanan manis, asal jangan salah pilih. Dark chocolate mengandung flavanol atau senyawa antioksidan yang bermanfaat bagi jantung. Selain itu dark chocolate juga dapat menjadi camilan berserat tinggi. Sebatang dark chocolate dengan kandungan kakao 70-85 persen (per 100 gram) memiliki sekitar 11 gram serat.

Itulah beberapa daftar camilan sehat yang dapat kamu konsumsi setiap saat. Selain sehat, camilan-camilan tersebut juga enak dan kaya akan serat yang bagus untuk tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *