Terdengar Suara Dentuman Misterius di Sebagian Wilayah Gunungkidul, BPPTKG: Bukan Merapi

Pesantenanpati.com – Suara dentuman diketahui terdengar di sebagain wilayah di Gunungkidul, Yogyakarta pada siang hari ini Kamis, (22/12/2022). Hal ini pun menjadi perbincangan di media sosial dan sejumlah warga dikabarkan juga mendengar.

Menurut penuturan dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), suara dentuman tersebut tak terekam dalam jaringan pemantauan Gunung Merapi.

“Dentuman tersebut tidak terekam di jaringan pemantauan Merapi, sepertinya bukan dari Merapi. Mungkin bisa ditanyakan ke BMKG, barangkali terkait cuaca,” ujar Kepala BPPTKG Agus Budi Santoso, Kamis (22/12) dilansir dari CNN Indonesia.

Di lain sisi, Setyoajie Prayoedhie selaku Kepala Stasiun Geofisika BMKG Yogyakarta menjelaskan bahwa dilihat dari hasil observasi dan analisis data gempa pada periode waktu munculnya suara dentuman tersebut tak tercatat ada aktifitas gempa di DIY dan sekitarnya.

“Demikian juga halnya dengan fenomena alam yang dipicu oleh dinamika atmosfer, seperti petir,” ujar Setyoajie.

“Kalau ada dokumentasi suara dan waktu pastinya mungkin akan membantu proses identifikasi,” lanjutnya.

BACA JUGA :   Kasus Rabies Masih Berlanjut di NTT, Terbaru Satu Lagi Korban Meninggal

Sedangkan Mayor Sus Suprih Andriyanto selaku Kapentak Lanud Adisutjipto Yogyakarta juga mengatakan bahwa tidak ada pesawat tempur yang sedang melakukan latihan karena seluruh siswa Sekolah Penerbang (Sekbang) memasuki masa cuti libur Natal dan Tahun Baru.

“Di Adisutjipto sekarang hanya normatif penerbangan sipil saja, sama penerbangan FASI, yang Jogja Flying Club itu,” paparnya. (*)

 

Terdengar Suara Dentuman Misterius di Sebagian Wilayah Gunungkidul, BPPTKG: Bukan Merapi“. Mitrapost.com, 22 Dew 20222.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *