Upaya Antisipasi Banjir Bandang di Pati, Warga Bersihkan Sungai hingga Sampah

Pati, Pesantenanpati.com – Upaya antisipasi banjir bandang di Bumi Mina Tani terus dilakukan. Warga Dukuh Tambak, Desa Tambahagung, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati diketahui membersihkan sungai, hari ini Jumat (23/12/2022).

Perlu diketahui sebelumnya, hujan deras mengguyur Kabupaten Pati pada Kamis, 22 Desember 2022 malam.

Agenda bersih sungai tersebut melibatkan puluhan masyarakat serta dibantu oleh personel Koramil 20/Tambakromo untuk membersihkan aliran sungai.

Menurut pemaparan Ketua RT 06 Dukuh Tambak, Muhammad Syafi’i, walaupun menggunakan alat seadanya untuk mengeruk lumpur serta membersihkan sampah di sungai, masyarakat dan para anggota terlihat sangat bersemangat untuk menormalisasi sungai itu secara manual.

“Salah satu upaya kita untuk mencegah lhapa air sungai, yakni dengan menormalisasi aliran sungai dari sampah dan material lain yang menghambat aliran air, ” ucap Syafi’i, pada Jumat (23/12/2022).

Supaya kegiatan tersebut berjalan dengan lancar, ia mengaku merangkul pihak Pemerintah Desa beserta Babinsa untuk bersinergi melakukan kerja bakti.

“Agar kegiatan ini tepat sasaran dan efektif, kita menggandeng Babinsa dan Pemerintah Desa untuk mengerahkan warga supaya melakukan kerja bakti membersihkan endapan lumpur dengan cangkul dan lainnya, ” jelasnya.

BACA JUGA :   Lakukan Tinjauan di Lokasi Banjir, Ganjar Nilai Perlu Ada Bendungan  

Hal senada juga dikatakan oleh Komandan Koramil (Danramil) 20/Tambakromo Kapten CBA Zuhri Antoro. Ia menyebut kegiatan kerja bakti ini adalah bukti nyata sinergitas antara masyarakat dengan anggota TNI untuk menjaga lingkungan.

“Keberadaan kami sebagai unsur aparat kewilayahan harus bisa memotivator dalam mengatasi kesulitan rakyat, terlebih menyangkut keselamatan warga dari bencana alam seperti banjir, ” tandasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *