Benarkah Mahasiswa Kini Tak Wajib Buat Skripsi untuk Lulus ?

Pesantenanpati.com – Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi baru-baru ini membuat publik heboh lantaran pernyataannya. Ia mengumumkan sebuah kebijakan baru yang mendapat dukungan positif dari masyarakat Indonesia terlebih mahasiswa.

Kebijakan tersebut adalah peraturan mengenai mahasiswa tingkat sarjana (S1) dan diploma empat (D4) untuk lulus tanpa diwajibkan untuk membuat skripsi.

Kebijakan ini dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.

Menteri Nadiem Makarim menjelaskan bahwa tugas akhir bagi mahasiswa tidak lagi hanya terbatas pada pembuatan skripsi atau disertasi. Tugas akhir ini bisa berupa berbagai bentuk, seperti prototipe, proyek, atau bentuk lainnya. Dia menegaskan bahwa keputusan mengenai bentuk tugas akhir ini akan menjadi kewenangan masing-masing perguruan tinggi.

Dia mengungkapkan bahwa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi merespons hal ini dengan memperbarui Standar Nasional Pendidikan Tinggi dengan pendekatan kerangka (framework).

BACA JUGA :   Pria di Jatim Aniaya dan Perkosa Mantan Pacarnya Sendiri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *