Hati-hati Gejala Kolesterol yang Menyerang di Usia Muda

Pesantenanpati.com – Gejala kolesterol tidak hanya dirasakan oleh orang tua, tetapi juga muncul di usia muda. Ciri-ciri kolesterol yang dialami oleh anak muda biasanya tidak jauh berbeda dengan yang menyerang oleh orang dewasa. Kolesterol tinggi pada anak muda termasuk remaja, bersifat multifaktor. Banyak hal yang dapat menyebabkan gejala ini muncul pada anak muda. Berikut ini beberapa penyebab kolesterol yang menyerang anak muda.

  1. Genetik atau riwayat keluarga dengan risiko kolesterol tinggi.

  2. Obesitas atau kelebihan berat badan.

  3. Pola makan yang tidak sehat dan konsumsi lemak yang tinggi.

  4. Memiliki penyakit lain seperti diabetes, penyakit ginjal atau penyakit tiroid tertentu.

Jika kamu sudah mengetahui beberapa penyebab di atas, inilah gejala kolesterol yang perlu kamu waspadai, terutama para anak muda :

  1. Xanthoma

Xanthoma adalah jaringan lemak yang terkumpul di bawah kulit. Biasanya ditandai dengan benjolan berwarna kekuningan tidak nyeri, melainkan gatal. Orang dengan kolesterol tinggi dapat timbul xantoma pada siku, lutut, kaki, atau tangan.

  1. Sering kram saat malam

Kram pada malam hari terjadi karena posisi tidur yang salah. Namun pada penderita kolesterol tinggi, kram tersebut terasa seperti nyeri pada tumit, telapak kaki dan jari kaki. Kamu dapat mengatasi kram tersebut dengan meregangkan kaki di tempat tidur agar aliran darah lancar. Kemudian pegang telapak kaki dan dorong perlahan ke dalam.

  1. Kaki terasa dingin

Cuaca atau suhu yang dingin biasanya menjadi penyebab kaki terasa dingin. Namun rasa dingin pada kaki ini berbeda pada orang dengan kolesterol tinggi. Biasanya rasa dingin hanya terasa di  kaki, karena peredaran darah tersumbat, sehingga tidak sampai ke bawah.

  1. Nyeri pada tungkai kaki

Gejala selanjutnya yang paling sering muncul adalah nyeri di tungkai kaki. Jadi, selain merasa kedinginan, penderitanya juga dapat merasakan nyeri yang tidak biasa, seperti pegal-pegal. Selain nyeri dan dingin, kaki mungkin terasa seperti  terbakar.

  1. Nyeri dada

Jika kamu mengalami nyeri dada yang parah, maka harus mencurigainya karena kolesterol tinggi. Ini karena hal tersebut dapat menghambat sirkulasi dan menyebabkan masalah kardiovaskular. Nyeri dada ini merupakan gejala serangan jantung.

  1. Perubahan warna kulit

Perubahan warna kulit ini terjadi karena sel darah tidak menerima nutrisi yang cukup akibat berkurangnya suplai darah. Coba letakkan kakimu di atas dada, kemudian warna kukumu akan terlihat pucat. Lalu, saat kaki bertumpu di atas meja, warnanya terlihat agak ungu atau kebiruan.

  1. Kehilangan keseimbangan

Jika kamu sering merasa oleng atau tidak seimbang, maka berhati-hatilah. Kehilangan keseimbangan adalah salah satu gejala kolesterol tinggi yang cukup parah. Kondisi ini termasuk gejala stroke. Selain kehilangan keseimbangan, gejala lain juga dapat menyebabkan kesulitan menggerakkan mulut dan kelemahan pada lengan dan kaki.

BACA JUGA :   Inilah 6 Cara Menghilangkan Rasa Mual Akibat Asam Lambung

Itulah beberapa gejala seseorang terkena kolesterol di usia muda. Jadi untuk mengantisipasinya, kamu harus paham betul dengan beberapa hal tersebut. Jika tubuhmu terasa ada yang tidak enak, maka segera periksakan ke dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *