Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Pesantenanpati.com – Kecanduan gadget bisa dialami siapa saja, termasuk anak-anak. Cara mengatasi kecanduan gadget pada anak memang harus dilakukan sesegera mungkin. Gadget sudah menjadi bagian dari keseharian anak-anak zaman sekarang. Selain untuk hiburan, perangkat elektronik ini juga sebagai sarana pembelajaran.

Meski memiliki kelebihan, orang tua tetap perlu mengawasi dan jika memungkinkan mencegah anak  bermain hingga lupa waktu. Jika anak kecanduan HP, tentunya dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan tumbuh kembang si kecil. Salah satunya mempengaruhi keterampilan sosial mereka. Berikut beberapa tips dari berbagai sumber untuk membantu Anda mengatasi anak yang kecanduan gadget yang bisa dilakukan orang tua.

  1. Batasan waktu penggunaan

Pertama yang dapat orang tua lakukan adalah dengan membatasi jumlah waktu yang mereka gunakan. Dibutuhkan ketegasan orang tua untuk menerapkan waktu bermain perangkat untuk anak. Apalagi saat anak memohon, merayu, atau menangis. Padahal anak-anak di bawah  2 tahun tidak boleh bermain dengan perangkat elektronik termasuk TV, smartphone, dan tablet.  Anak usia 2-4 tahun dapat memainkan HP kurang dari satu jam sehari. Usia 5 tahun ke atas sebaiknya tidak lebih dari dua jam sehari untuk hiburan (tidak termasuk kebutuhan belajar).

  1. Tetapkan jadwal

Selain membatasi waktu bermain, orang tua dapat mengatur jadwal yang tepat untuk anak bermain smartphone, laptop, TV, dll. Kemudian berikan kebebasan kepada anak untuk memilih kapan mereka ingin menggunakan perangkat elektronik tersebut. Orang tua dapat memberikannya sesuai dengan keputusan yang dibuat oleh anak. Hal ini dilakukan agar si kecil merasa ikut serta dalam membuat jadwal dan diharapkan bertanggung jawab atas pilihannya.

  1. Ajak anak bermain

Cara mengatasi kecanduan anak selanjutnya adalah dengan menghabiskan waktu bermain bersama mereka. Anak-anak yang bermain sendiri cenderung terikat dengan HP. Oleh karena itu, usahakan untuk memberikan waktu orang tua untuk bermain dengan anaknya. Kamu dapat mencoba banyak permainan seperti bermain boneka, kerajinan tangan, petak umpet dan masih banyak lagi.

  1. Buat zona bebas gadget

Orang tua juga dapat menetapkan aturan untuk tidak menggunakan HP di ruangan atau area tertentu. Misalnya di meja makan, di kamar tidur dan di dalam mobil. Selain anak-anak, anggota keluarga lainnya tidak boleh menggunakan perangkat di tempat yang di tentukan untuk mereka. Cara ini tidak hanya membuat anak lebih fokus, tetapi juga bagaimana anak belajar mengikuti aturan dan upaya untuk saling mendekatkan diri dengan anggota keluarga.

  1. Hindari penempatan peralatan yang sembarangan

Hindari menempatkan perangkat secara sembarangan sehingga anak-anak tidak melihatnya atau ingin memainkannya. Anak-anak menjadi akrab dan terikat dengan perangkat saat mereka memiliki akses mudah ke alat tersebut.

  1. Jadilah panutan yang baik

Anak akan mengikuti apa yang orang tuanya lakukan lebih dari apa yang di katakan orang tuanya. Dengan kata lain, jika kamu ingin anak tidak bergantung pada perangkat, orang tua harus memberikan contoh yang baik dan tidak terus-menerus melihat perangkat tersebut.

  1. Melakukan aktivitas lain

Orang tua juga dapat mengajak anaknya melakukan aktivitas lain di luar rumah, seperti bermain di taman, berolahraga dan lainnya. Selama di rumah, orang tua dapat mengajak anaknya untuk membantu tugas orang tua, seperti membersihkan taman, memasak. Kamu juga dapat menawarkan hal-hal yang mereka sukai, seperti memainkan alat musik atau membaca buku.

BACA JUGA :   Kecanduan Game dan Konten Porno, Sejumlah Anak di Pati Dirawat di Bangsal Kejiwaan

Nah, itulah cara yang dapat orang tua lakukan untuk mengatasi kecanduan perangkat pada anak-anak. Semoga ini bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *