5 Desa di Blora Akan Terdampak Pembangunan Bendung Gerak Karangnongko

Pesantenanpati.com – Sebanyak lima desa yang ada di Kabupaten Blora akan terdampak pembangunan Bendung Gerak Karangnongko.

Sebelumnya dinyatakan bahwa pemerintah Kabupaten Blora siap mendukung Proyek Strategis Nasional (PSN), pembangunan Bendung Gerak Karangnongko di perbatasan Blora dan Bojonegoro oleh Kementerian PUPR RI.

Berdasarkan penuturan dari Bupati Blora Arief Rohman mengatakan bahwa pihaknya merasa bersyukur dengan adanya Bendung Gerak Karangnongko.

Diharapkan dengan adanya bendungan tersebut, bisa bermanfaat bagi irigasi pertanian, penyediaan air bersih, peningkatan air muka tanah, dan pengurangan potensi banjir wilayah hilir.

Namun, bupati meminta bantuan pemerintah pusat agar proses pembebasan lahan bisa dikawal bersama dan disosialisasikan dengan baik kepada masyarakat.

“Beda dengan Bojonegoro, wilayah terdampak lebih banyak kawasan hutan. Sedangkan di Blora banyak pemukiman penduduk yang terdampak, sehingga harus diperhitungkan betul. Setidaknya ada lima desa yang nantinya terdampak genangan. Kita minta datanya, yang pasti untuk dasar kita melaksanakan sosialisasi di bawah. Akan kita gandeng Forkopimda untuk turun bersama,” ungkap bupati pada rapat pembahasan kelanjutan tahapan pembangunan Bendung Gerak Karangnongko, di Jakarta, Selasa (3/1/2023).

BACA JUGA :   Dorong Kemajuan Desa, Pemerintah Ukur Pakai Indeks Desa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *