Kumpulan Doa Nabi Sulaiman AS dalam Al Quran Beserta Manfaat dan Keistimewaannya

Pesantenanpati.com – Allah SWT telah memberikan banyak manfaat dan keistimewaan kepada Nabi Sulaiman AS. Beliau terkenal sebagai orang yang berilmu, bijaksana dan memiliki banyak kekuasaan dan kekayaan. Namun, hal tersebut tidak membuat Nabi Sulaiman AS angkuh dan sombong. Bahkan, ia selalu berdoa dan mengucap syukur.

Nabi Sulaiman AS adalah putra Nabi Daud AS. Nabi Sulaiman AS menunjukkan tanda-tanda kecerdasan yang luar biasa sejak kecil, bahkan ia pandai mengambil keputusan. Pada usia 13 tahun, Nabi Sulaiman AS diberi hak untuk mewarisi tahta kerajaan Nabi Daud AS dan meneruskan kepemimpinan ayahnya.

Selain dapat berbicara dengan binatang, Nabi Sulaiman AS juga mampu menundukkan makhluk lain ciptaan Allah SWT, yaitu jin. Seluruh pasukannya terdiri dari manusia, burung, dan jin.  Bahkan,  QS Saba’ ayat 12 menyebutkan bahwa para pelayan istana Nabi Sulaiman AS pun termasuk golongan jin. Allah SWT memberikan izin kepada jin untuk tunduk Nabi Sulaiman AS.

“Dan sebagian dari jin ada yang bekerja di hadapannya (di bawah kekuasaannya) dengan izin Tuhannya. Dan siapa yang menyimpang di antara mereka dari perintah Kami, maka Kami rasakan kepadanya azab neraka yang apinya menyala-nyala.”

BACA JUGA :   Ingin Rezeki Lancar? 5 Doa Memohon Kekayaan

Berikut kumpulan doa Nabi Sulaiman dalam Al Quran yang dapat kamu amalkan karena memiliki manfaat dan keistimewaan:

  1. Doa untuk menaklukkan binatang

Nabi Sulaiman AS banyak mendapat mukjizat dari Allah SWT termasuk berbicara dengan binatang. Selain itu, Nabi Sulaiman AS juga dapat berbicara dengan burung dan semut serta dapat memahami apa yang diinginkan hewan ini dari manusia.

اِنَّهٗ مِنۡ سُلَيۡمٰنَ وَاِنَّهٗ بِسۡمِ اللّٰهِ الرَّحۡمٰنِ الرَّحِيۡم بِسْمِ اللهِ الرَّ حْمَنِ الرَّ حِيْماَلَّا تَعْلُوا عَلَىَّ وَاْتُونِى مُسْلِمِيْنَ

Innahuu min Sulaimaana wa innahuu bismil laahir rahmaanir rahiim. Bismillah hirrahmani rahiim, allaa ta’luu alayya wa’tuunii muslimin.

Artinya: “Sesungguhnya (surat) itu dari Sulaiman yang isinya, ‘Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, bahwa janganlah kamu berlaku sombong kepadaku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri.” (QS An Naml ayat 30)

  1. Doa meminta kekayaan

Pernah diceritakan bahwa Nabi Sulaiman AS meminta suatu permintaan kepada Allah SWT, salah satunya adalah meminta harta. Doa ini bisa kamu amalkan untuk memohon kelancaran rezeki kepada Allah SWT.

قَالَ رَبِّ ٱغْفِرْ لِى وَهَبْ لِى مُلْكًا لَّا يَنۢبَغِى لِأَحَدٍ مِّنۢ بَعْدِىٓ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْوَهَّابُ

BACA JUGA :   Doa Agar Terhindar dari Hal Buruk

Qala rabbigfir li wa hab li mulkal la yambagi li ahadi mim ba’di innaka antal wahhab.

Artinya: “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki seorang jua pun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.” (QS Shaad ayat 35)

  1. Doa Nabi Sulaiman AS untuk memperoleh nikmat

Allah SWT memberikan banyak kelebihan dan keistimewaan kepada Nabi Daud AS dan putranya, Nabi Sulaiman AS di dunia dan akhirat. Dengan kata lain, beliau diangkat sebagai nabi dan rasul, memiliki kekuatan fisik untuk mengalahkan kaum zalim. Bahkan beliau bergelimang harta yang tentunya memiliki manfaat untuk semua orang serta kerajaan hingga beliau menjadi seorang raja yang dicintai rakyatnya.

وَلَقَدْ ءَاتَيْنَا دَاوُۥدَ وَسُلَيْمَٰنَ عِلْمًا ۖ وَقَالَا ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ ٱلَّذِى فَضَّلَنَا عَلَىٰ كَثِيرٍ مِّنْ عِبَادِهِ ٱلْمُؤْمِنِينَ

Wa laqad ataina dawuda wa sulaimana’ilma, wa qalal-hamdu lillahillazi faddalana ‘ala kasirim min ‘ibadihil mu’minin.

Artinya: “Dan sesungguhnya Kami telah memberi ilmu kepada Daud dan Sulaiman, dan keduanya mengucapkan, ‘Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba-hambanya yang beriman.'” (QS An Naml ayat 15)

  1. Meminta agar tetap mensyukuri nikmat

Nabi Sulaiman AS adalah orang yang sangat bersyukur atas karunia rahmat yang Allah SWT berikan kepadanya. Ia berdoa agar selalu menjadi hamba yang bersyukur. Karena semua yang dia miliki hanyalah pemberian dari Allah SWT.

BACA JUGA :   Bacaan Doa yang Dianjurkan Ketika Rukuk dalam Sholat

فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّن قَوْلِهَا وَقَالَ رَبِّ أَوْزِعْنِىٓ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ ٱلَّتِىٓ أَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَىٰ وَٰلِدَىَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَٰلِحًا تَرْضَىٰهُ وَأَدْخِلْنِى بِرَحْمَتِكَ فِى عِبَادِكَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Fa tabassama dahika ming qauliha wa qala rabbi auzi’ni an asykura ni’matakallati an’amta alayya, wa ala walidayya wa an a’mala saliha tardahu wa adkhilni birahmatika fi’ibadikas salihin.

Artinya: Maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. “Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepada aku dan kepada kedua orang ibu bapakku, dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau meridai, dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba yang saleh.” (QS An Naml ayat 19)

Nah, itulah kumpulan doa Nabi Sulaiman AS yang dapat kamu amalkan karena memiliki banyak manfaat dan keutamaan. Bagi kamu yang tertarik dengan konten serupa maka kunjungilah kanal YouTube Pojoke Pati dengan klik link di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *