Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Terkena Hack!

Pesantenanpati.comAkun Instagram kamu pernah kena hack? Bingung bagaimana cara mengatasinya?

Hal yang perlu dilakukan pertama kali yakni melaporkan hacking ke tautan Instagram Help Center. Berikut caranya :

  1. Akses tautan https://help.instagram.com
  2. Pilih “Privacy & Safety” → “Report Something” → “Hacked Account”
  3. “I think my account has been hacked” → “Report it to us.”
  4. Selesai.

Setelah proses melaporkan hacking ke Instagram Help Center selesai, Instagram akan memberikan beberapa pertanyaan yang harus dijawan dengan jelas. Tunggu notifikasi kabar dari Instagram untuk tahap lanjut yang bisa dilakukan.

Berikut cara mengembalikan akun Instagram yang terkena hack :

  1. Kata Sandi Tidak Bekerja

Idealnya, tautan pengaturan ulang kata sandi akan dikirimkan ke alamat email atau nomor telepon yang terkait dengan akun kamu. Gunakan kode keamanan yang diberikan untuk masuk kembali dan mengubah kata sandi kamu.

Hubungi layanan pelanggan Instagram dan beri tahu bahwa akun kamu telah kena hack. Mereka mungkin memberikan tips keamanan tambahan untuk melindungi akun kamu di masa depan.

  1. Jika Tidak Menerima Email Pengaturan Ulang Kata Sandi

Jika kamu terkunci dari akun Instagram dan tidak menerima tautan pengaturan ulang kata sandi setelah memintanya melalui tombol “lupa kata sandi”, kemungkinan para hacker telah mengubah email dan nomor telepon yang terkait dengan akun tersebut. Sebagian besar para hackers melakukan hal ini segera untuk mempertahankan kendali atas akun kamu.

BACA JUGA :   Cara Mengetahui Password Akun Instagram yang Kamu Lupa!

Mereka bahkan dapat menuntut tebusan sebagai imbalan untuk mengembalikan akses ke akun kamu. Dalam kasus seperti ini, harus melaporkan kegiatan tersebut kepada Instagram dengan mengikuti petunjuk langkah demi langkah yang tersedia.

Kemungkinan Instagram akan meminta untuk memverifikasi identitas melalui berbagai cara, seperti mengambil video selfie untuk membuktikan identitas kamu. Namun, ingatlah bahwa proses pemulihan ini mungkin memakan waktu beberapa hari atau bahkan beberapa minggu.

  1. Mengecek Email

Seringkali, para hackers akan mengirim email palsu yang tampaknya berasal dari Instagram, mencoba mencuri informasi login atau mengirimkan tautan berbahaya. Pastikan untuk memverifikasi keaslian email tersebut dengan memeriksa bagian keamanan dalam aplikasi Instagram.

  1. Mendeteksi Aktivitas Mencurigakan di Akun Kamu

Jika melihat posting, Reels, atau Stories yang tidak sah, atau jika pengikut kamu melaporkan DM yang aneh dari akun kamu, kemungkinan besar akun Instagram kamu telah kena hacking. Jika masih memegang akun, segera ubah kata sandi, karena hal ini akan mengusir para hackers dari akun kamu. Selain itu, logout secara manual dari perangkat yang mencurigakan melalui halaman aktivitas login, dan cabut akses dari aplikasi pihak ketiga yang mungkin mengalami pelanggaran keamanan dan mengungkapkan informasi login kamu.

BACA JUGA :   Mengenal Fitur Baru Instagram Flipside

 

Demikian cara mengembalikan akun Instagram yang terkena hack. Bagaimana pendapatmu mengenai hal ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *