Cara Mendapatkan Kartu Nikah Digital

Pesantenanpati.comKartu nikah adalah dokumen resmi dari negara untuk mereka warga negara Indonesia yang sudah menikah sebagai bukti tanda pernikahan.  Kantor Urusan Agama pada tahun 2021 meluncurkan layanan baru yaitu kartu nikah digital.

Dulu untuk mendapatkan kartu nikah, calon pengantin bisa mengisi terlebih dahulu formulir pendaftaran menikah melalui Simkah Web dengan alamat situs: simkah.kemenag.go.id. Setelah akad nikah selesai, maka kartu nikah akan dikirim dalam bentuk soft file melalui e-mail.

Kartu nikah digital akan dikirim setelah pengantin mengisi Survei Kepuasan Masyarakat terlebih dulu. Selanjutnya, soft file yang sudah dikirimkan via e-mail tersebut dapat dicetak oleh pengantin di mana pun dan pengantin tetap mendapatkan buku nikah.

Sekarang, terdapat cara lebih mudah untuk mendapatkan Kartu Nikah Digital.

Ini bukan hanya untuk pasangan yang baru menikah, pasangan yang sudah mengikat janji suci sejak lama juga berhak mendapatkan kartu nikah digital ini. Inovasi canggih yang dipersembahkan oleh Kementerian Agama sejak Mei 2021 ini bertujuan untuk memudahkan pasangan suami istri dalam membawa bukti sah pernikahan kemanapun mereka pergi.

BACA JUGA :   10 Kesalahan Saat Menggunakan Minyak Rambut Atau Hair Oil

Dalam kartu digital ini, tak hanya ada foto romantis dan tanggal pernikahan. Informasi detail lainnya juga ada di dalamnya, mulai dari lokasi KUA prosesi suci itu dilaksanakan, nomor akta yang mengesahkan, hingga barcode unik. Barcode merupakan data server yang menampilkan data lengkap dari pasangan itu.

Cara Mudah Dapatkan Kartu Nikah Digital :

  1. Masuk ke situs resmi Kementerian Agama
  2. Isi dengan benar data pribadi, pastikan nomor telepon dan alamat email yang kamu masukkan masih aktif.
  3. Setelah semua data terisi dengan lengkap dan benar, tunggu sebentar. Kartu nikah digital akan segera dikirimkan langsung ke alamat email atau nomor WhatsAppmu.
  4. Kartu yang akan kamu terima berbentuk soft file, yang bisa dengan mudah kamu unduh.
  5. Begitu kartu nikah digitalmu siap, tak perlu menunggu! Kamu bisa langsung mencetaknya dan memamerkan bukti cinta sejatimu.

 

Demikian cara mendapatkan Kartu Nikah Digital secara praktis dan mudah. Bagaimana pendapatmu mengenai hal ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *