Bagaimana Nasib Pesanan Pembeli Setelah TikTok Shop Tutup?

Pesantenanpati.com – Kemarin pukul 17.00 WIB, 4 Oktober 2023, TikTok resmi menghentikan layanan TikTok Shop.

Pernyataan resmi ini dikeluarkan oleh TikTok pada Selasa, 3 Oktober 2023, sore WIB.

TikTok Shop sendiri merupakan fitur social e-commerce yang memungkinkan pengguna maupun para kreator mempromosikan dan menjual produk sekaligus melakukan aktivitas belanja.

Penutupan TikTok Shop berdasarkan peraturan yang pemerintah keluarkan, terkait larangan media sosial melayani aktivitas jual beli selayaknya e-commerce (social commerce).

Larangan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, Dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik yang undangkan pada 26 September 2023.

Pihak TikTok mengambil langkah penutupan layanan ini sebagai bentuk ketaatan terhadap aturan yang telah pemerintah Indonesia tetapkan. Mereka ingin memastikan bahwa layanannya beroperasi sesuai dengan peraturan setempat. Ini adalah tindakan yang mereka ambil untuk menjaga keteraturan dalam penggunaan platform mereka di Indonesia.

Kemudian, setelah TikTok Shop resmi tutup bagaimana nasib pesanan pembeli yang masih berproses?

Jika kamu memiliki pesanan yang belum selesai pada TikTok Shop, jangan khawatir. TikTok telah memberikan pedoman kepada penjual tentang bagaimana menangani pesanan yang belum terselesaikan ini. Penjual wajib untuk melanjutkan proses pesanan yang belum selesai dan memastikan pesanan tersebut penjual serahkan kepada mitra logistik untuk pengiriman.

BACA JUGA :   Langkah Mudah Sinyal WiFi Jadi Lebih Cepat

Pesanan yang belum terkirim hingga tanggal 5 November akan secara otomatis TikTok batalkan. Jika pesanan kamu termasuk yang terbatalkan, kamu akan menerima pengembalian uang sesuai dengan jumlah yang telah kamu bayarkan sebelumnya.

Bagi pesanan yang berupa barang pre-order, prosedur pemenuhannya tetap tidak berubah. Penjual harus memastikan bahwa semua barang pre-order telah penjual serahkan kepada mitra logistik untuk kirimkan dalam waktu 2 hari sejak tanggal pengiriman pre-order. Seperti sebelumnya, pesanan yang belum terkirim hingga tanggal 5 November akan otomatis terbatalkan oleh TikTok Shop Indonesia.

 

Demikian informasi mengenai bagaimana pesanan pembeli setelah layanan belanja TikTok resmi tutup. Bagaimana tangapanmu menegnai hal ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *