10 Kesalahan Saat Menggunakan Minyak Rambut Atau Hair Oil

Pesantenanpati.com – Menggunakan minyak rambut atau hair oil adalah salah satu langkah dalam rutinitas perawatan rambut yang umum. Selain membuat rambut menjadi lebih berkilau, minyak rambut dapat memperkuat rambut, meningkatkan pertumbuhannya, dan melawan kerontokan. Namun, kamu harus mempertimbangkan untuk menggunakan minyak rambut. Alih-alih ingin memperbaiki kondisi rambut, kesalahan penggunaan minyak rambut justru bisa membuat rambut dan kulit kepala semakin berminyak dan terasa lepek. Menurut berbagai sumber, berikut beberapa kesalahan yang harus kamu hindari :

  1. Biarkan hair oil di rambut salama semalaman

Ada banyak anjuran untuk menggunakan minyak rambut di malam hari. Namun ternyata menggunakan minyak rambut pada malam hari dapat menyumbat pori-pori dan menarik kotoran ke kulit kepala. Idealnya, disarankan untuk mengoleskan minyak rambut ke akar rambut dalam waktu 3-4 jam sebelum keramas.

  1. Menggunakan hair oil saat rambut berminyak

Rambut berminyak seringkali menarik debu, kotoran, dan mikroorganisme dari luar. Menggunakan minyak rambut pada rambut berminyak dapat semakin menyumbat pori-pori. Jika kamu memiliki rambut berminyak, disarankan untuk mengkondisikan rambut sebelum menggunakan hair oil.

  1. Menggunakan minyak rambut saat berketombe

Apabila rambutmu berketombe, penggunaan minyak rambut hanya akan memperburuk kondisi kulit kepala yang kering. Jika kamu berketombe, coba gunakan produk rambut yang diformulasikan khusus untuk mengatasi ketombe. Selain itu, cobalah masker rambut buatan sendiri yang melembabkan kulit kepala.

  1. Menggunakan hair oil saat rambut rontok

Berlawanan dengan kepercayaan yang ada, menggunakan minyak rambut mungkin tidak selalu bermanfaat untuk merawat rambut. Jika kerontokan rambutmu terjadi karena kekeringan pada akarnya, penggunaan minyak rambut dapat membantu. Tetapi dalam kasus lain, lebih baik berkonsultasi dengan spesialis.

  1. Menyisir setelah menggunakan minyak rambut

Terkadang orang melakukannya tanpa sadar. Padahal, menyisir rambut berminyak atau basah bisa berbahaya karena rambut dalam keadaan rapuh. Coba sisir rambut sebelum menggunakan minyak rambut. Kami juga merekomendasikan menyisir rambut saat menggunakan kondisioner untuk hasil terbaik.

  1. Terlalu banyak minyak rambut

Menggunakan terlalu banyak minyak rambut dapat membuat keramas menjadi melelahkan. Minyak yang tertinggal di rambut dapat menyumbat pori-pori dan membuat kulit kepala menjadi kering dan berminyak. Menggunakan minyak rambut tambahan bukan berarti akan mendapatkan manfaat tambahan. Idealnya, untuk menggunakan minyak rambut secukupnya untuk menutupi akar rambut dengan minyak.

  1. Membungkus rambut dengan handuk

Menggunakan handuk mungkin dapat merusak rambut. Alih-alih menutupi rambut dengan handuk, disarankan untuk membungkusnya dengan kaos katun agar minyak rambut terserap ke dalam helaian rambut.

  1. Mengikat rambut

Ketegangan akibat mengikat rambut setelah menggunakan minyak rambut dapat dengan mudah merusak helai rambut. Hal ini juga dapat menyebabkan rambut bercabang dan rambut rontok jika digunakan secara tidak sengaja.

  1. Memijat terlalu lama

Segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik. Pemijatan rambut yang berkepanjangan dapat merusak atau melemahkan helai rambut dan mengubah struktur rambut. Selain itu, dapat menyebabkan lebih banyak simpul yang dapat menyebabkan kerusakan rambut di kemudian hari.

  1. Tidak memanaskan minyak

Saat pertama kali menggunakan minyak rambut yang dihangatkan dapat menembus jauh dan cepat ke dalam kulit kepala. Tentu hal ini membantu kulit kepala dan folikel rambut menyerap manfaat minyak rambut lebih cepat, sehingga memberikan hasil yang lebih cepat.

BACA JUGA :   Manfaat Yogurt, Tak Hanya Enak Tapi Juga Baik untuk Kesehatan

Nah, itulah beberapa kesalahan yang perlu kamu perhatikan saat menggunakan hair oil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *