Operasi Patuh Candi 2023 Kembali Digelar di Kabupaten Pati

Pesantenanpati.com – Operasi Patuh Candi 2023 kembali digelar di wilayah Kabupaten Pati mulai hari ini, Senin (10/7/2023).

Polresta Pati pun telah melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Patuh Candi 2023 di halaman Mapolresta Pati pada hari ini.

Apel gelar pasukan dipimpin oleh Penjabat (Pj) Bupati Pati yang didampingi oleh Kapolresta Pati dan Dandim 0718 Pati.

Adapun peserta apel yang turut terlibat dalam Operasi Patuh Candi adalah personel gabungan TNI, Polri, Dinas Perhubungan, dan Satuan Polisi Pamong Praja.

Sebagai informasi, Operasi Patuh Candi ini akan berlangsung selama 14 hari, tepatnya pada tanggal 10-23 Juli 2023 secara serentak di wilayah Indonesia.

Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro membacakan amanat Kapolda Jateng Irjen Polisi Ahmad Luthfi. Isi amanat itu menjelaskan bahwa operasi ini digelar untuk menurunkan angka pelanggaran lalu lintas.

“Dalam rangka cipta kondisi kamseltibcarlantas pasca pelaksanaan Hari Bhayangkara tahun 2023, Operasi Patuh Candi-2023 dilaksanakan guna menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,” ucapnya.

BACA JUGA :   Ketua RT/RW di Kabupaten Pati Akan Mendapatkan Tambahan Insentif

Ia menambahkan, salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam etika berlalu lintas.

“Operasi Patuh Candi-2023 akan mengedepankan giat edukatif dan persuasif serta humanis didukung gakkum lantas menggunakan ETLE atau statis, mobile, dan hand held,” imbuhnya.

Operasi Patuh Candi 2023 dilaksanakan untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. Operasi mengedepankan giat edukatif dan persuasif serta humanis didukung Gakkum secara elektronik/teguran dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap polantas.

Lebih lanjut, dirinya memaparkan penekanan dalam pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2023 oleh Kapolda Jateng antara lain utamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani standar operasional prosedur yang telah ditentukan, Hindari tindakan yang kontraproduktif (pungli, arogan dan sewenang-wenang), penegakkan hukum yang humanis, tegas dan menjunjung tinggi hak asasi manusia, lakukan tugas operasi patuh dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat, Selalu berdoa dan mengucap syukur kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, dalam setiap melaksanakan tugas sehingga apa yang dikerjakan dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

BACA JUGA :   Prestasi Pati di WTN 2019 Diharapkan Bisa Terulang Tahun Ini

Kegiatan apel gelar pasukan Operasi Patuh Candi 2023 ditandai dengan pemasangan pita tanda operasi. Pita dipasang oleh Pj. Bupati Pati kepada perwakilan personel TNI, Polri, Dinas Perhubungan, dan Satuan Polisi Pamong Praja.

Sebagai informasi, tema Operasi Patuh Candi 2023 yaitu Patuh dan Tertib Berlalu Lintas Cermin Moralitas Bangsa dengan Sasaran prioritas selama pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2023 antara lain Pengendara/pengemudi tak membawa STNK & SIM, Pengendara/pengemudi di bawah umur, Menggunakan HP saat berkendara, Pengendara/pembonceng tak mengenakan helm SNI Tidak memakai safety belt saat berkendara, Berkendara dalam pengaruh miras, Pelanggaran rambu, marka, melawan arus dan parkir liar, Ranmor tak memenuhi syarat teknis dan laik jalan (muatan, knalpot brong dll) dan Melebihi batas kecepatan dan penggunaan knalpot brong. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *