Makanan Khas Kudus yang Wajib Dicicipi

Pesantenanpati.com – Setiap daerah pasti memiliki makanan khas, termasuk Kudus. Kabupaten yang terletak di daerah Jawa Tengah tersebut juga memiliki banyak makanan khas yang patut kamu coba.

Selain Menara Kudus, Makam Sunan Muria, Makam Sunan Kudus, dan Museum Kretek,  Kabupaten Kudus juga sangat terkenal dengan makanan khas yang lezat. Bagi kamu yang sedang berada di daerah Kudus, maka wajib untuk mencicipi salah satu makanannya.

Biasanya Kudus hanya terkenal dengan  Soto Kudus dan Lentog Tanjung. Namun, ternyata Kudus memiliki banyak makanan khas yang tidak kalah lezat dengan daerah lain.

Berikut ini beberapa makanan khas dari kabupaten Kudus yang memiliki cita rasa berbeda dengan daerah lain.

  1. Soto Kudus

Setiap daerah di Indonesia sepertinya memiliki makanan khas berupa soto. Meskipun memiliki nama yang sama, namun rasa dari soto setiap daerah tentunya berbeda-beda. Seperti halnya rasa Soto Kudus yang memiliki cita rasa berbeda. Soto Kudus ini biasanya disajikan dalam mangkuk dengan pelengkap daging ayam atau kerbau, seledri, tauge dan taburan bawang goreng. Rasa dari Soto Kudus juga sangat sempurna dengan perpaduan bumbunya.

  1. Sate Kerbau

Kudus merupakan salah satu kabupaten yang tidak menyembelih sapi. Sebagai gantinya, masyarakat Kudus menyembelih kerbau. Kabupaten Kudus juga terkenal dengan makanan khas sate kerbau yang sangat lezat. Sate kerbau ini disajikan dengan campuran serundeng, kacang tanah dan kentang yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Kudus.

  1. Nasi Jangkrik

Makanan khas Kudus selanjutnya adalah Nasi Jangkrik. Nasi ini bukanlah nasi dengan lauk hewan jangkrik. Nasi Jangkrik hanyalah nama sebuah masakan nasi dengan potongan daging kerbau, tahu dan kuah santan dibungkus daun jati.

  1. Opor Bakar Sunggingan

Salah satu makanan khas Kudus yang wajib kamu coba selanjutnya yaitu Opor Bakar Sunggingan. Opor khas Kudus ini sangat berbeda dengan opor dari daerah lain. Opor Bakar Sunggingan ini dimasak dengan cara dibakar. Jadi kamu perlu mencobanya.

  1. Garang Asem

Salah satu makanan dari Kudus yang juga terkenal yaitu Garang Asem. Makanan ini disajikan dengan daging ayam yang dibumbui kuah santan. Memasak Garang Asem ini dengan menggunakan daun pisang. Jadi, jangan lupa untuk mencoba makanan yang satu ini.

  1. Pecel Pakis Colo

Menu Pecel Pakis Colo ini terbuat dari tanaman paku-pakuan dengan campuran gula merah dan cabai keriting. Rasa manis gurih dari Pecel Pakis Colo ini patut untuk kamu coba.

  1. Nasi Pindang

Nasi Pindang adalah masakan kuah pindang dengan daging kerbau yang memiliki rasa gurih dan manis. Kamu harus coba makanan yang dibungkus dengan daun pisang ini.

BACA JUGA :   Cara Menggunakan Panci Presto Agar Tidak Meledak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *