6 Cara Ampuh untuk Hilangkan Bau Tak Sedap pada Kulkas

Pesantenanpati.com – Bau tak sedap dari kulkas seringkali mengganggu. Tak hanya kotor, bau tak sedap ini tercium di seluruh ruangan dapur.

Kulkas adalah salah satu perabot dapur yang paling penting. Kulkas menjaga makanan tetap segar selama beberapa hari. Jadi kamu harus memperhatikannya agar tidak bau.

Biasanya tumpukan makanan di lemari es yang lupa dibuang terkadang menimbulkan bau tak sedap. Lalu bagaimana cara menghilangkan aroma tak sedap tersebut?

Bau tak sedap dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti jamur atau bakteri. Kuman ini dapat tumbuh subur di tempat dengan  kelembapan  tinggi, termasuk lemari es.

Makanan basi, busuk, atau kadaluwarsa juga menjadi salah satu penyebab terbesar bau lemari es. Tapi jangan khawatir, kamu dapat menghilangkan bau ini secara alami dengan lakukan beberapa hal berikut.

  1. Membersihkan dengan cuka

Asam asetat yang terdapat dalam cuka dapat membantu menyerap bau bahkan membunuh bakteri. Perlu kamu tahu bahwa cuka tidak merusak lemari es. Menurut berbagai penelitian, cuka juga cukup aman di beberapa  makanan. Untuk menggunakannya, kamu perlu mencampurkan cuka dengan air, lalu semprotkan ke dalam lemari es dan bersihkan. Bau cuka pada dasarnya mudah menguap. Namun, jika kamu takut dengan bau yang tidak sedap, tambahkan sedikit minyak esensial ke dalam campuran air dan cuka.

  1. Gunakan lemon

Asam sitrat yang terdapat dalam buah lemon dapat membantu mengurai limbah. Aroma segar menghilangkan semua bau yang tersisa. Kamu dapat mencoba menuangkan perasan air lemon ke  kain bersih. Kemudian lap lemari es dengan kain.

  1. Ampas kopi

Ampas kopi juga efektif menghilangkan bau tak sedap dari lemari es. Kamu cukup menyimpan ampas kopi di atas piring lalu memasukkannya ke dalam lemari es selama 2 jam. Kopi dikenal mampu menyerap bau secara efektif. Jadi kamu tidak perlu membuang ampas kopi bekas.

  1. Kentang

Kentang juga dapat menghilangkan bau tidak sedap pada lemari es. Kupas kentang, masukkan kulkas untuk menyerap bau tak sedap. Kentang  memiliki kemampuan menyerap bau. Namun,  kentang di lemari es harus diganti setidaknya setiap 2-3 hari sampai bau lemari es benar-benar hilang.

  1. Cengkih

Cengkih juga mampu membantu mengurangi bau tak sedap pada lemari es. Kamu cukup mencampurnya dengan lemon atau jeruk. Potong jeruk atau lemon menjadi dua, lalu tambahkan parutan cengkih secukupnya. Kemudian masukkan ke dalam lemari es hingga mulai mengering.

BACA JUGA :   Henry Surya Ditahan Polisi atas Kasus Indosurya

Demikian beberapa bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk membantu mengurangi aroma tidak sedap pada lemari es. Jadi kamu tidak perlu lagi pusing untuk membersihkan lemari es saat muncul bau tidak enak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *