Pati Selenggarakan Seleksi Lomba Sinden Muda

Pesantenanpati.com – Seleksi Lomba Sinden Muda Nasional digelar di Pendopo Kabupaten Pati, Hari ini, Selasa (20/12/2022). 15 peserta dari berbagai Kabupaten/Kota mengikuti seleksi ini.

15 peserta tersebut merupakan para Sinden Muda dari wilayah Jawa tengah bagian timur diantaranya dari Pati, Purwodadi, Kudus, Jepara, Rembang, Blora, dan Semarang.

Seleksi Sinden diinisiasi oleh Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Pati dalam rangka mencari peserta sinden untuk mewakili Jawa Tengah di Lomba Sinden Muda Nasional.

Ketua Pepadi Kabupaten Pati Farid Suhanto mengatakan, selain memilih calon peserta, kegiatan ini juga digelar untuk mencari talenta-talenta sinden baru.

Sedianya, peserta yang mengikuti seleksi ini berjumlah 21 orang. Namun enam diantaranya ditangguhkan karena sudah pernah mengikuti Lomba Sinden Muda Nasional dan sudah terkenal di kancah negeri. Pepadi menginginkan lebih banyak Sinden lokal yang muncul.

“Pesertanya yang mendaftar ada 21. Tetapi setelah kita seleksi ternyata enam diantaranya sudah pernah lomba di kancah nasional dan terkenal sehingga kita coret. Agar yang lain ndak minder,” tutur dia.

BACA JUGA :   Pencetakan Kartu Ujian Peserta Lolos PPPK Baru Dapat Dilakukan Usai Masa Sanggah

Selain di Kabupaten Pati, seleksi serupa juga digelar di enam daerah lainnya antara lain, Yogyakarta, Jakarta, Surakarta, Banyumas, Ngawi dan Trenggalek.

“Ini seleksi Lomba Sinden Muda Nasional yang diadakan oleh Pepadi pusat Jakarta. Kebetulan Pati mendapatkan kepercayaan untuk menggelar seleksi,” terang Farid.

Sementara, Lomba Sinden Muda Nasional 2022 rencananya akan digelar pada  tanggal 25 Desember mendatang di Ndayu Park, Sragen, Jawa Tengah.(*)

 

Pati Selenggarakan Seleksi Lomba Sinden Muda“. Mitrapost.com, 20 Des 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *