Pelatihan Ketrampilan Wirausaha Diperlukan untuk Pemberdayaan Kaum Perempuan

Pesantenanpati.com – Pemerintah Kabupaten Demak melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Dindagkop UKM) telah menggelar Pelatihan Ketrampilan Wirausaha Bidang Olahan Makanan Bagi Perempuan Terdampak Covid-19 Tahun 2023, Rabu (03/5/23).

Pelatihan yang digelar di Aula Kecamatan Guntur ini salah satunya bertujuan untuk pemberdayaan kaum perempuan.

Terdapat sebanyak 64 orang peserta yang terdiri dari perempuan berdomisili di Kecamatan Guntur, yang terdiri dari sebanyak 44 perempuan berusia 20-45 tahun yang termasuk dalam DTKS, Perempuan yang berstatus sebagai Kepala Keluarga (janda) sebanyak 10 orang, mempunyai anggota keluarga yang terindikasi stunting sebanyak 5 orang serta anggota penyandang disabilitas sebanyak 5 orang.

Dalam sambutannya, Bupati Eisti’anah mengapresiasi pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai upaya menggali potensi-potensi baru, skill dan keterampilan bagi para perempuan agar bisa bangkit, berinovasi dan menciptakan peluang usaha baru serta memberi warna dalam UMKM di Demak.

“Banyak para pelaku usaha yang terpaksa gulung tikar. Namun, hantaman Pandemi Covid 19 telah menjadikan para pelaku usaha menjadi lebih kreatif dan tahan banting,” kata Eisti.

BACA JUGA :   Indosat Berikan Ganti Rugi Kuota untuk Pengguna

Dirinya berharap, potensi UMKM di setiap desa melalui gerakan one village one product dapat benar-benar terealisasi dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap penyelenggaraan ini bisa mengurangi tingkat kemiskinan ekstrem, membantu percepatan penurunan stunting melalui ketrampilan olahan makanan bergizi bagi penderita stunting,” tambahnya.

Sementara, Kepala Dindagkop UKM Demak Iskandar Zulkarnain mengatakan, kegiatan semacam ini tidak berhenti sampai disini, akan tetapi setelah kegiatan ini akan didampingi mulai dari perizinan berusaha, manajemen usaha hingga fasilitas pemasaran baik secara online maupun ofline. (*)

 

 

“Pelatihan Ketrampilan Wirausaha Diperlukan untuk Pemberdayaan Kaum Perempuan”. Mitrapost.com, 4 Mei 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *